Salah satu veteran sedang menyirami tanaman di depan rumahnya di Jl Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Salah satu veteran sedang menyirami tanaman di depan rumahnya di Jl Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)


Editor

Heryanto


MALANGTIMES - Tidak hanya insentif yang diberikan Pemkot Batu kepada Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Kota Batu, tetapi juga tempat tinggal. 

Bentuk kepedulian yang diberikan kepada para LVRI ini pun mendapatkan apresiasi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memperingati Hari Veteran Nasional Indonesia ke 64 di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (13/8/2019).

“Bentuk kepedulian yang diberikan oleh Pemkot Batu ini patut diapresiasi ya. Ini hal yang luar biasa, ternyata bukan hanya memberikan insentif, tapi juga rumah,” ungkap Khofifah.

Ia menambahkan bahwa bantuan itu merupakan satu sapaan heroik. 

Dengan demikian, Pemkot Batu memang memiliki perhatian lebih kepada para LVRI.

Selain bentuk penghormatan dan penghargaan  juga sebagai upaya perlidungan sosial bagi LVRI.

“Mungkin hal ini juga bisa jadi contoh bagi daerah lain,” imbuhnya.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan Pemkot Batu bisa memberikan insentif dan rumah kepada para LVRI di Kota Batu karena memang jumlahnya yang tidak terlalu banyak. 

Sehingga bisa sedikit membantu para pejuang yang membutuhkan. Juga untuk memenuhi kebutuhan dasar secara layak dan nyaman.

“Mungkin LVRI di Kota Batu ini tidak sebanyak yang ada di daerah lain. Karena itu kami bisa membantu memberikan beberapa bantuan,” ucap Dewanti.

“Ini mungkin juga keberuntungan LVRI Kota Batu. Selain rumah, insentif yang diberikan itu setiap hari pahlawan, ulang tahun Kota Batu, Hari kemerdekaan, dan jelang idul fitri,” tambahnya.

Pada akhir tahun 2018 lalu, sebanyak 8 rumah veteran dari 24 unit yang diprogramkan pembangunannya telah diresmikan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. 

Rumah yang berstatus pinjam pakai itu sudah dimanfaatkan oleh para LVRI di Kota Batu.

Totalnya ada 8 unit rumah yang terletak di Jl Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Dalam rumah ini terdapat ruang keluarga, ruang tamu, 2 kamar tidur, dan ruang dapur. 

Untuk 8 unit rumah tersebut berada di area pinggir jalan dengan luas tanah 103 meter persegi. 

Sedangkan yang ada di tengah luas tanah 98 meter persegi. 

Sedangkan untuk luas bangungan 54 meter persegi dengan nggaran yang keluarkan Rp 4,2 miliar.

Rumah tersebut sudah dilengkapi ruang tamu, ruang keluarga, ruang dapur, dan kamar mandi.

End of content

No more pages to load