KKN Unikama di Desa Tirtomoyo (Unikama for MalangTIMES)

KKN Unikama di Desa Tirtomoyo (Unikama for MalangTIMES)



MALANGTIMES - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), terus berupaya memberikan sumbangsih ilmu yang mereka miliki dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di sebuah desa yang berjarak 50 Km dari Kampus Unikama, tepatnya di Desa Tirtomoyo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut KKN Unikama berfokus pada program kerja utama dalam memacu kualitas sumber daya manusia (SDM) di Dusun Sumber Gentong, Desa Tirtomoyo, utamanya dalam pengembangan wisata do, yakni Ranu Sosro.

Ranu Sosro sendiri, merupakan sebuah danau buatan yang dibuat guna memenuhi kebutuhan ketersediaan air saat musim kemarau tiba.

e9a11643-805d-4a41-844a-a0393603d42a2e5d113f52e51ad1.jpg

Dan dalam upaya pengembangan yang dilakukan KKN Unikama, jika terdapat informasi dari salah satu Kepala Dusun Desa Tirtomoyo, memang selama ini dalam pemanfaatan dan perawatan potensi alam atau potensi yang ada di desa tersebut, masih belum banyak dimanfaatkan dan ada keseriusan dari warga untuk melakukan pengelolaan.

Kondisi sekitar masih terlihat kumuh dan kotor. Sehingga dengan datangnya KKN Unikama, akhirnya muncullah ide untuk melakukan pengembangan Ranu Sosro sebagai aset desa yang jika dikembangan, tentunya akan memajukan desa.

Bersinergi dengan karang taruna setempat, upaya tersebut pertama dilakukan dengan melakukan pembenahan sarana jalan menuju lokasi Ranu Sosro. Selain itu, untuk memperjelas lokasi danau, juga dipasang peta maupun petunjuk menuju lokasi wisata.

6871ccb4-3d73-4733-a76d-9573b29ad77d216be103a526a1ae.jpg

Sementara itu, Yulianti, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), KKN Unikama mengatakan, jika belajar dan mengabdi merupakan tugas hidup seorang manusia dalam mensyukuri nikmat Allah.

"Belajar dan mengabdi itu tugas hidup manusia dalam mensyukuri nikmat Allah, hal ini diwujudkan KKN Unikama memacu kualitas SDM di Desa Tirtomoyo dalam membangun dan memanfaatkan alam desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa untuk lebih baik,” bebernya saat mengisi kegiatan pendampingan anak-anak desa dan orang tua siswa saat belajar membaca dan menulis al-Qur’an di sekolah diniyah Desa Tirtomoyo.

Ismail, Sekretaris Desa Tirtomoyo, menambahkan, jika adanya kegiatan KKN Unikama, begitu memberikan dampak dan manfaat yang sangat positif bagi perkembangan desa, baik itu dalam hal pelayanan warga, penataan administrasi desa yang sebelumnya belum memanfaatkan teknologi informasi, namun kini sudah maju dan memanfaatkan teknologi.

Selain itu, ada pendampingan dan bantuan pemasaran untuk usaha masyarakat desa, seperti pengolahan salak dan kopi berkontribusi untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

End of content

No more pages to load