Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pompa Semangat OPD, Barenlitbang Kota Malang Anugerahkan Adinata Mandrakanta

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Lazuardi Firdaus

13 - Aug - 2019, 11:55

Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kenakan seragam hitam) dan Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto (tiga dari kanan) saat berfoto bersama dengan penerima Anugerah Adinata Mandrakanta (Pipit/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kenakan seragam hitam) dan Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto (tiga dari kanan) saat berfoto bersama dengan penerima Anugerah Adinata Mandrakanta (Pipit/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pompa semangat organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Malang anugerahkan penghargaan yaitu Adinata Mandrakanta. Tercatat, ada tiga OPD yang berhasil meraih penghargaan bergengsi itu.

Baca Juga : Target Agustus, Mal Pelayanan Publik Kota Malang Dimungkinkan Molor

Ketiganya adalah Dinas Perhubungan Kota Malang yang berhasil menyabet peringkat satu. Kemudian Dinas Perdagangan Kota Malang di posisi ke dua, dan juara ke tiga adalah Sekretariat Daerah Kota Malang. Ketiganya mendapat penghargaan setelah diseleksi dan dievaluasi oleh Barenlitbang Kota Malang dari total enam OPD yang masuk dalam nominasi penerima Anugerah Adinata Madrakanta Triwulan II 2019.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, anugerah yang diberikan tersebut merupakan salah satu bentuk prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan oleh masing-maaing OPD. Sehingga dia berharap, OPD yang mendapat anugerah tetap mempertahankan prestasinya. Sementara yang belum agar termotivasi untuk bisa menang di lain kesempatan.

"Penghargaan ini untuk memacu dan memicu agar OPD bekerja sesuai target dan terus memberi layanan yang terbaik," jelasnya saat Apel Pagi disertai penyerahan penghargaan yang dilakukan di halaman Balai Kota Malang, Selasa (13/8/2019).

Sementara itu, Kasubbid Pelaporan Barenlitbang Kota Malang, Diana Ermandra Dewi menambahkan, anugerah yang diberikan dalam evaluasi triwulanan itu memang sengaja diberikan sebagai bentuk apresiasi serta penghargaan bagi masing-masing OPD di Kota Malang. Melalui anugerah tersebut, diharapkan setiap OPD mampu meningkatkan kinerjanya untuk menjadi lebih baik lagi.

Lebih jauh perempuan berhijab ini menjelaskan, anugerah tersebut diberikan kepada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Malang yanh telah melaksanakan evaluasi hasil rencana kerja triwulan II tahun anggaran 2019. Penilaian yang dilakukan Barenlitabang pun memiliki beberapa kriteria.

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

Diantaranya adalah ketepatan waktu dalam mengumpulkan hasil evaluasi, kesesuaian dalam mengisi formulir evaluasi rencana kerja, nilai predikat output, serta nilai predikat anggaran. Evaluasi hasil renja ini selanjutnya akan dirangkum dalam dokumen evaluasi hasil RKPD Kota Malang triwulan II 2019 untuk kemudian disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur melalui Bappeda Provinsi Jawa Timur.

"Anugerah ini sudah diberikan sejak 2018 lalu, dan hampir semua OPD sudah mendapatkan anugerah ini. Kami harap OPD yang belum mendapat penghargaan termotivasi," jelasnya.

Ke depan, lanjutnya, ditargetkan agar kriteria dalam evaluasi hasil rencana kerja (renja) dapat terus ditingkatkan. Salah satunya adalah penilaian pada aspek kemanfaatan dari program yang telah dilaksanakan pada masyarakat. Sehingga, program yang direncanakan outputnya lebih jelas dan dirasakan masyarakat.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang organisasi-perangkat-daerah Adinata-Mandrakanta Badan-Perencanaan-Penelitian-dan-Pengembangan-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Lazuardi Firdaus