Wali Kota Malang Sutiaji (berkopyah) saat menyambut siswa-siswi berprestasi di Balaikota Malang, Senin (12/8) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Wali Kota Malang Sutiaji (berkopyah) saat menyambut siswa-siswi berprestasi di Balaikota Malang, Senin (12/8) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Apresiasi tinggi diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bagi siswa-siswi Kota Malang ini. Bagaimana tidak, mereka mampu menorehkan prestasi hingga kancah internasional.

Mereka adalah, Nayaka Budi Dharma siswa kelas 1 SMPN 5 Malang yang berhasil meraih satu medali emas dan dua medali perak, serta Arjuna Satria Pamungkas siswa kelas 5 di SDN Mojolangu 5 yang menyumbang satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Keduanya meraih prestasi dalam kejuaraan catur junior Asia 'Eastern Asia Youth Championship 2019' di Bangkok, Thailand.

Kemudian, Izabelle Kiara siswi SDK Santa Maria 2 yang juga berhasil menyabet tiga medali perak dalam gelaran World Championship of Performing Arts 2019 yang digelar di California Amerika Serikat.

Selanjutnya, Arsha Naufal Mauritzan siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Sabilillah Malang yang meraih medali emas dan trophy top 2 (1st runner up Global nilai grade empat seluruh peserta olimpiade) dalam Asia International Mathematic Olympiad (AIMO) 2019 di Taiwan, medali emas World Mathematics Games Olympiad (WMGO) 2019. Yang mana ia juga meraih nilai tertinggi dari seluruh tim pada star of Asia sebagai star of Indonesia 2019 di Taiwan.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan keberhasilan yang diraih siswa-siswi sekolah tersebut membuktikan banyaknya potensi yang dimiliki anak-anak Kota Malang. Ia juga mengapresiasi tinggi atas kemenangan mereka yang mengharumkan nama Kota Malang itu.

"Ini baru tiga prestasi ya, catur, nyanyi dan olimpiade matematika. Artinya sebetulnya di kita itu potensi banyak dari anak-anak dan tidak terbatas anak itu kelompok mampu atau tidak," ujar dia usai menyambut siswa-siswi berprestasi tersebut di Balaikota Malang, Senin (12/8).

Ia menambahkan, jika siswa-siswi berprestasi di Kota Malang bakal lebih diperhatikan dan diapresiasi. Mengingat potensi yang dimiliki cukup dinilai luar biasa dan masih banyak yang belum terekspos dari untuk perolehan prestasi bagi siswa-siswi lainnya.

"Ini menjadi potensi kita semua, Insya Allah nanti akan kita inventarisir siapa saja anak-anak di Kota Malang yang punya prestasi. Baik akademik dan non akademik, semuanya akan kita undang dalam peringatan Proklamasi Kemerdekaan nanti untuk kita beri apresiasi," imbuhnya.

Tak hanya itu, nantinya salah satu bentuk apresiasi Pemkot Malang yang akan diupayakan yakni memberikan beasiswa bagi mereka. Setidaknya siswa-siswi berprestasi tersebut akan dengan mudah menjalani pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

"Beasiswa masih kami carikan cara. Kemarin saya sudah titip ke Dinas Pendidikan nanti ada beasiswa sampai ke perguruan tinggi. Kami juga akan lakukan koordinasi bagi perguruan tinggi swasta dan negeri, artinya akan ada prioritas bagi pemilik talenta-talenta prestasi ini," pungkas dia.

End of content

No more pages to load