Suasana kampus UIN Maliki Malang. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Suasana kampus UIN Maliki Malang. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim  (UIN Maliki) Malang patut berbangga karena berkesempatan tinggal di ma'had kampus tersebut. Sebab, ma'had UIN Malang berbeda dan paling istimewa jika dibandingkan dengan ma'had perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) lain.

Sistem akademik ma'had UIN Malang tidak bisa ditiru oleh PTKIN lain. Tidak semua mahasiswa di PTKIN lain bisa berkesempatan mengenyam pendidikan di ma'had. Sedangkan seluruh mahasiswa baru UIN Malang dipastikan tinggal di ma'had.

"Tidak semua PTKIN semua mahasiswanya di ma'had. Kalau kita semua," ujar Direktur Ma'had Sunan Ampel Al Aly UIN Malang Dr H Akhmad Muzakki MA kepada MalangTIMES.

Di UIN, jumlah mahasiswa yang masuk dibatasi oleh kapasitas ma'had. Tidak semua orang yang mendaftar di UIN (sebanyak 90 ribu-an tahun kemarin) bisa diterima semua. Hal ini lantaran kebijakan UIN bahwa semua mahasiswa baru wajib ma'had. "Hanya menerima 3.700 sesuai kapasitas ma'had," tandas nya.

Selain itu, akademik di ma'had juga terintegrasi dengan fakultas. Apabila kegiatan kegiatan akademik di ma'had tidak lulus, maka mahasiswa tidak bisa memprogram studi keislaman semester berikutnya.

Ditambah lagi, mahasiswa baru selalu dimonitoring oleh kakak kelas terpilih yang disebut musyrif dan musyrifah. Tugas mereka tak hanya mendampingi, tetapi juga memberikan teladan baik spiritual maupun akademik bagi adik-adiknya. Hal ini karena mereka mengemban tugas dari kampus untuk membekali spiritualitas mahasantri.

"Karakter building. Di ma'had ini yang ditanamkan adalah karakternya," tandas Muzakki.

Seperti halnya ma'had-ma'had lain, tentu apabila mahasantri melanggar peraturan tertentu, ada sanksinya. Namun, sanksi di ma'had UIN Malang tidak menyusahkan dan sifatnya mendidik.

Dan perlu diketahui, apabila mahasiswa tidak lulus ma'had di UIN Malang, maka selamanya dia tidak akan lulus kuliah.

End of content

No more pages to load