Polres Batu Pilih Bungkus Daging Kurban dengan Besek dan Daun Jati

Aug 11, 2019 18:41
Hasil penyembelihan daging kurban yang sudah dibungkus denagn daun jati dan besek di Polres Batu, Minggu (10/8/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Hasil penyembelihan daging kurban yang sudah dibungkus denagn daun jati dan besek di Polres Batu, Minggu (10/8/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tidak menggunakan kantong palstik untuk daging kurban diterapkan Polres Batu pada perayaan Idul Adha kali ini, Minggu (11/8/2019). Hal ini diterapkan oleh Polres Batu sebagai wujud keterlibatannya dalam mengurangi limbah plastik.

Apalagi limbah plastik ini tengah menjadi momok khususnya di Indonesia. Karena itu dengan tidak menggunakan kantong plastik diterapkan dalam pembungkusan hasil penyembelihan hewan kurban di halaman Polres Batu.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Jika tidak menggunakan kantong plastik, lalu apa sebagai ganti pembungkus daging ini? Untuk pendistribusian daging kurban menggunakan besek dan daun jati.

Besek adalah tempat yang terbuat dari anyaman bambu tertutup bentuknya segi empat. Sebelum dimasukkan dalam besek itu terlebih dahulu dibungkus dengan daun jati.

“Kalau biasanya kami menggunakan plastik untuk daging kurban, kali ini kita menggantinya dengan besek,” kata Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto.

Ia menambahkan, dengan cara mengganti plastik dengan besek ini sebagai wujud ikut mengurangi limbah plastik. Juga mewujudkan idul Adha yang ramah lingkungan.

Apalagi pendistribusian daging menggunakan besek ini masih jarang dilakukan masyarakat. Sedang di Polres Batu ini 34 hewan yang dikurbankan, yakni lima ekor sapi dan 29 ekor kambing.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

“Dan sedikitnya 1.000 besek yang dibagikan kepada masyarakat,” imbuhnya. Hewan kurban ini seluruhnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kota Batu.

 

Topik
BatuBerita BatuPolres Batudaging qurban

Berita Lainnya

Berita

Terbaru