Ilustrasi (istimewa)

Ilustrasi (istimewa)



MALANGTIMES - Bukan hanya pasar, pedagang kampung di Kota Malang juga juga mendapat layanan tera ulang. Layanan tera ulang gratis itu digelontorkan Dinas Perdagangan Kota Malang sepanjang Agustus 2019 di 11 kelurahan, antara lain seperti Kelurahan Tulusrejo, Kelurahan Blimbing, Kelurahan Balearjosaei, Kelurahan Buring, Kelurahan Arjowinangun, Kelurahan Arjosari, Kelurahan Polowijen, Kelurahan Purwodadi, hingga Kelurahan Tlogowaru.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang Wahyu Setianto menjelaskan, layanan yang diberikan kepada para pedagang di 11 kelurahan tersebut langsung dilakukan oleh UPT Metrologi Legal Dinas Perdagangan Kota Malang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perlindungan kepada konsumen.

"Iya, ada layanana tera ulang gratis sampai ke kelurahan. Terutama untuk para pedagang yang memiliki alat ukuran, takaran, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) dalam berdagang," katanya pada wartawan belum lama ini.

Wahyu menjelaskan, layanan tersebut sudah dilakukan sehak awal Agustus ini. Selain pasar, tera ulang atau pengukuran kembali bobot dan ketepatan timbangan sengaja dilakukan di perkampungan dan kelurahan lantaran juga banyak terjadi transaksi jual beli. Hal itu juga dilakukan untuk menekan angka kecurangan pedagang.

"Agar pedagang juga lebih tertib dan konsumen dijamin," jelasnya.

Selain tera ulang, lanjutnya, petugas juga memberi layanan perbaikan pada alat ukur atau timbangan pedagang yang mengalami kerusakan. Dengan harapan, alat yang digunakan tepat dan tidak merugikan pedagang ataupun konsumen. Hal itu sama dengan yang dilakukan saat pemeriksaan rutin yang dilakukan ke pasar tradisional setiap bulannya.

Sementara, pemeriksaan itu menurut Wahyu sudah dilakukan sejak 1 Agustuas lalu dengan mendatangi Kelurahan Tulusrejo. Kemudian dilanjutkan ke Kelurahan Mojolangi pada 5 dan 6 Agustus lalu. Selanjutnya pasa 7 dan 8 Agustus tim mendatangi Kelurahan Arjowinangun. 

Berikutnya pada 12 dan 13 Agustus di Kelurahan Tlogowaru. Lalu 14 dan 15 Agustus di Kelurahan Buring, pada 19 dan 20 Agustus di Kelurahan Pandanwangi, serta pada 21 dan 22 Agustus di Kelurahan Blimbing.

"Kemudian di jadwalkan pada tanggal 23 Agustus akan mendatangi Kelurahan Purwodadi. Pada 26 dan 27 Agustus di Kelurahan Arjosari, tanggal 26 dan 27 Agustus di Kelurahan Balearjosari, dan terakhir 30 Agustus di Kelurahan Polowijen," pungkas Wahyu.

 

End of content

No more pages to load