Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak saat menyerahkan penghargaan Public Service of The Year 2019 kepada Sri Maicharini Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang (for MalangTIMES)

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak saat menyerahkan penghargaan Public Service of The Year 2019 kepada Sri Maicharini Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang (for MalangTIMES)



MALANGTIMES - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) bisa dikatakan sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Malang yang setiap tahun meraih penghargaan bergengsi dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat.

Lepas masih adanya berbagai kekurangan dikarenakan anggaran yang dikelola sampai daftar antre pencetakan KTP-el yang disebabkan blangko kerap habis serta proses pengajuan blangko ke pemerintah pusat butuh waktu, dinas di bawah kepemimpinan Sri Maicharini atau biasa disapa Rini tersebut terbilang memiliki prestasi ciamik.

Hal ini terlihat dari beberapa penghargaan yang diterima oleh Dispendukcapil Kabupaten Malang. Sebut saja predikat  role model penyelenggara pelayanan publik kategori baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) RI. Predikat itu diraih sejak tahun 2016 sampai tahun 2018 lalu, saat Dispendukcapil masih dipegang Purnadi (kini kepala Bapenda Kabupaten Malang). 

Pergantian pimpinan di Dispendukcapil Kabupaten Malang tidak membuat gen juara dalam melayani masyarakat dengan berbagai inovasi yang dilahirkannya menghilang.
Melalui Rini, Dispendukcapil kembali meraih gelar prestisius dalam konteks pelayanan kepada masyarakat. Yakni Public Services of The Year 2019 dari MarkPlus Inc, yang merupakan perusahaan konsultan marketing ternama dan dipegang Hermawan Kartajaya.

"Beberapa hari lalu secara langsung Pak Wakil Gubernur Jatim menyerahkan penghargaan itu kepada Dispendukcapil atas berbagai inovasi dalam melayani masyarakat dalam adminduk," ucap Rini yang menyebut salah satu inovasinya yang sangat familiar di masyarakat Kabupaten Malang, yaitu Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan atau Jebol Anduk.

Seperti diketahui, Jebol Anduk merupakan program jemput bola Dispendukcapil Kabupaten Malang yang sangat membantu dalam mewujudkan hak dasar warga atas identitas diri. Baik KTP-el, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak, akta kematian serta hal lainnya. Jadi, warga tidak perlu repot menuju kantor kecamatan dan kantor Dispendukcapil saat mengurus berbagai adminduk.

"Lewat Jebol Anduk kita yang mendekatkan diri kepada warga. Program ini rutin dilakukan, baik saat ada acara pemerintahan maupun dari yang kita program di kedinasan," ujar Rini.

Antusiasme warga menyambut Jebol Anduk serta proses yang bisa memangkas ongkos dan waktu dalam pengurusan adminduk. Inilah yang membuat program tersebut diganjar sebagai Public Service of The Year 2019 dari MarkPlus Inc.

Rini juga mengatakan, penghargaan dari MarkPlus Inc, tentunya juga melihat berbagai novasi lain di dinasnya. Pasalnya, Dispendukcapil Kabupaten Malang memiliki inovasi lain selain Jebol Anduk. Yakni,  KTP drive thru yaitu pelayanan khusus penerbitan surat keterangan kependudukan langsung, baik yang hilang atau rusak maupun perpanjangan tanpa harus mengambil nomor antre.

Selain itu, ada Ketan Ireng atau Kependudukan dan Kesehatan Mari Bareng merupakan  pelayanan kemudahan pelayanan bagi masyarakat, khusunya ibu melahirkan atau meninggal dunia. Ketan Ireng ini merupakan kerja sama antara pihaknya dengan RSUD Kanjuruhan Kepanjen, salah satunya. 

Dua inovasi lainnya adalah  Kenikmatan, yaitu Kependudukan di Kecamatan yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan  dengan lebih efektif  dan efisien bagi masyarakat. Pelayanannya cukup sampai pada tingkat kantor Kecamatan.

"Walau untuk inovasi kenikmatan ini kita memang secara bertahap untuk mewujudkannya. Karena persoalan infrastruktur pendukung pelayanan adminduk yang belum seluruh kecamatan lengkap. Serta hal teknis seperti jaringan internet diberbagai wilayah yang masih sulit," ujar Rini.

Inovasi lainnya adalah Klinik Adminduk yang merupakan ruang sosialisasi dalam pemberian informasi, komunikasi dan konsultasi bagi masyarakat  terkait dengan persyaratan maupun prosedur pelayanan penerbitan dokumen administrasi kependudukan.

Berbagai inovasi inilah yang membuat Dispendukcapil Kabupaten Malang, setiap tahun menjadi langganan penghargaan dari berbagai kalangan. Baik dari pemerintah maupun dari swasta, terkait pelayanan kepada masyarakat, seperti Public Service of The Year 2019.

 

End of content

No more pages to load