Parents Day SDN Purwantoro 1 Malang. (Foto: Humas)
Parents Day SDN Purwantoro 1 Malang. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Memotivasi siswa untuk sukses merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Siswa yang termotivasi akan terus bersemangat belajar dan senantiasa berusaha meraih apa yang dia cita-citakan. Hal inilah yang dilakukan oleh SDN Purwantoro 1 Malang. Dalam memotivasi siswa-siswinya, SDN Purwantoro 1 sampai melibatkan orang tua siswa melalui Komite Sekolah.

Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan satuan pendidikan di kawasan jalan Letjen S. Parman No. 67 tersebut ialah dalam bentuk Parents Day. Parents Day rutin diselenggarakan setiap hari Jumat pekan kedua setiap bulannya.

Jumat 9 Agustus 2019 kemarin, Parents Day menghadirkan tiga orang tua siswa dengan profesi berbeda. Pertama yakni profesi dokter (orang tua Bunga Alzena kelas 5-B). Kedua, profesi fotografer (orang tua Auva kelas 3-B). Ketiga, profesi psikolog (orang tua Tasnim kelas 3-A).

Kepala SDN Purwantoro 1 Malang Suparti SPd MPd menghaturkan terima kasih atas jalinan kerja sama yang harmonis antara tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SDN Purwantoro 1 Malang dengan orang tua siswa yang diwadahi oleh Komite Sekolah. "Semoga jalinan kerja sama ini dapat tumbuh berkembang sehingga pada akhirnya mampu menghantarkan siswa-siswi SDN Purwantoro 1 Malang yang unggul intelektualnya, tinggi spiritualnya, matang emosionalnya dan pandai dalam bersosial," ucapnya.

Melalui kegiatan ini, Suparti berharap siswa-siswi mendapatkan gambaran nyata masing-masing profesi yang sukses dijalankan oleh orang tua siswa SDN Purwantoro 1 Malang. "Yang nantinya dapat memotivasi mereka untuk giat belajar demi mewujudkan cita-cita mereka usai mendengarkan cerita suka duka mewujudkan impian, bagaimana jalan yang harus dilalui agar menjadi seorang yang sukses. Dan hal ini merupakan bagian pembelajaran langsung terhadap materi yang mereka terima di kelas, bukan hanya secara teori semata namun langsung dari narasumbernya,“ tandasnya.

Dalam Parents Day tersebut, 506 siswa SDN Purwantoro 1 Malang yang terbagi dalam 16 rombongan belajar secara rapi dan tertib duduk bersila di halaman sekolah. Mereka mendengarkan pengalaman dari masing-masing narasumber secara bergantian.

Seperti pada kegiatan Parents Day sebelumnya, kegiatan kali ini juga diisi dengan sesi diskusi, dialog, serta tanya jawab antara siswa-siswi SDN Purwantoro 1 Malang dengan para narasumber dari berbagai profesi yang berbeda.