Banner pendaftaran calon kepala Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Banner pendaftaran calon kepala Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Dari 35 bakal calon kades tersebut, tidak menutup kemungkinan pada hari terakhir (hari ini.red) bisa bertambah. Sehingga pesta demokrasi di tingkat desa tersebut bakal semakin semarak. 

Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji terpaksa melakukan pendaftaran pemilihan kepala desa (pilkades) Kota Batu tahap dua. Ya dari 11 desa yang melaksanakan pilkades, hanya Desa Gunungsari yang harus membuka kembali pendaftarannya. 

Lantaran di Desa Gunungsari hanya memiliki satu bakal calon kepala desa yakni Andi Susili yang merupakan incambent. Karena itu pendaftaran tahap II dibuka pada 9-28 Agustus mendatang.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, sesuai aturan bagi desa hanya memiliki bakal calon tidak lebih dari dua calon secara tak langsung pendaftaran tahap dua akan digelar sejak tanggal 9-28 Agustus 2019. “Hal ini mengacu pada Perda Kota Batu No 1 tahun 2015 tentang Desa dan Diubah No 5 tahun 2018. Serta Perwali No 32 tahun 2016 yang diubah No 76 tahun 2017,” ungkap Punjul.

Dengan dibukanya pendaftaran tahap ke dua ini agar dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk ikut dalam pesta demokrasi rakyat. Sedangkan dari 11 desa sejak ditutupnya pendaftaran Kamis (8/8/2019) sudah ada 35 bakal calon kepala desa. 

Usai ditutupnya pendaftaran, panitia pilkades masing-masing desa akan melakukan penelitian dan klairifikasi berkas bakal calon dengan maksimal bakal calon lima orang pada tanggal 29-30 Agustus.

Kemudian itu panitia akan mengumumkan hasil bakal calon yang lolos pada tanggal 31 Agustus dan 1 September. “Mereka yang lolos akan mengikuti tes tulis pada 4-5 Septermber tingkat Kota,” imbuhnya. 

Kemudian akan dilanjutkan dengan kampanye di depan umum untuk menyampaikan visi misi pada tanggal 23-25 September mendatang. Sedangkan  pemilihan suara akan digelar pada 2 Oktober 2019 mendatang.

End of content

No more pages to load