Penyerahan award bagi responden terbaik oleh BI Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

Penyerahan award bagi responden terbaik oleh BI Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)



MALANGTIMES - Bank Indonesia (BI) Malang memberikan apresiasi khusus bagi seluruh responden survei di wilayah kerjanya. Sebab, keberadaan responden sangat berpengaruh pada validitas data yang dihimpun. 

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Malang Azka Subhan Aminurridho mengungkapkan, salah satu tugas BI adalah untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. 

"Tugas kami di daerah, salah satunya adalah memberikan masukan bagi pemerintah agar bisa menentukan kebijakan yang tepat. Kebijakan itu haruslah didasari dengan data yang valid, ini yang membuat keberadaan responden survei menjadi penting," urainya.

Dalam pelaksanaan tugas di daerah, lanjut Azka, BI Malang melaksanakan kegiatan survei dan liaison secara berkala. Tujuannya, untuk mendukung pengambilan keputusan dan kebijakan di kantor pusat maupun daerah. Selain itu, juga berkontribusi bagi pembangunan ekonomi di daerah maupun nasional. 

"Saat ini jumlah responden survei dan liaison BI Malang sebanyak kurang lebih 250 perusahaan skala besar menengah dan kecil," terangnya. 

Beberapa survei yang dilaksanakan secara rutin, di antaranya Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), Survei Konsumen (SK), Survei Penjualan Eceran (SPE), Survei Pemantauan Harga (SPH), Survei Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) serta kegiatan liaison perusahaan. 

"Kami juga menggelar kegiatan temu responden setiap tahun sekali. Tujuannya untuk mempererat silaturahmi dan hubungan yang baik dengan mitra penyedia data dan informasi yang selama ini terlibat dalam survei-survei," terangnya. 

Pada 2019 ini, BI Malang juga memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan yang dianggap berkontribusi lebih dalam memberikan data dan informasi kepada BI Malang berupa Award Responden Terbaik dan Contact Liaison Terbaik. Yakni SKDU Terbaik untuk PT Karya Tugas Anda; Liaison Terbaik bagi PT A Schulman Plastic, serta SPE Terbaik pada PT Bintang Artha Guna atau Honda Sukun. 

Selain itu, BI Malang juga menghadirkan motivator nasional sekaligus CEO General Electric (GE) Indonesia Dr Handry Santriago untuk memberi influence bagi para responden survei. Untuk diketahui, KPw BI Malang yang berkedudukan di Kota Malang, memiliki wilayah kerja meliputi 7 kabupaten atau kota di Jawa Timur. Yakni Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo. 

End of content

No more pages to load