Pembangunan jalur baru di Ampeldento sebagai bagian exit tol Mapan (Ist)
Pembangunan jalur baru di Ampeldento sebagai bagian exit tol Mapan (Ist)

MALANGTIMES - Pembangunan  Tol Malang-Pandaan (Mapan) berakibat pada adanya penambahan jalur jalan. Khususnya saat seksi 4 Tol Mapan dioperasikan nantinya. Dimana, untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat, akan dibangun jalur baru.

Jalur baru tersebut, sampai saat ini konstruksinya telah terbangun. Dimana, jalur yang terletak di jalan raya Ampeldento, Desa Asrikaton, Pakis, tersebut menurut pihak PT Jasamarga Pandaan Malang, menjadi satu kesatuan dalam pembangunan tol.

Baca Juga : Sering Dilalui Tapi Kini Ditutup, Berikut Jalur Alternatif yang Disediakan Polres Malang

Jalur itu nantinya diperuntukkan untuk kendaraan yang dari arah selatan ke utara. Sedangkan untuk kendaraan dari utara ke selatan melaju di jalur arteri atau jalan lama. 

Proses pembangunan jalur baru di Ampeldento yang merupakan exit Tol Mapan, dibenarkan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang. Walau bukan pelaksana pembangunan jalan tersebut, dinas di bawah komando Romdhoni ini menjadi salah satu pihak yang diajak berkoordinasi oleh PT Jasamarga Pandaan Malang.

"Di wilayah tersebut memang dibangun jalur baru berupa pengaspalan dan pelebaran jalan juga. Kita sempat diajak berkoordinasi terkait hal itu," ucap Suwiknyo Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang.

Dari penuturannya, pembangunan jalur baru di Ampeldento, dalam upaya menyeimbangkan tinggi konstruksi jalan. Yakni, antara jalan arteri dengan jalan baru yang dibangun PT Jasamarga.

"Ada jalan baru di sebelah barat. Posisinya lebih tinggi dengan jalan lama. Sehingga diseimbangkan, agar pengendara merasa nyaman. Selain itu lajur itu juga bisa mengurai kemacetan di exit Tol Mapan," ujar Suwiknyo.

Adanya pembangunan jalan di Ampeldento, masih menurut Suwiknyo, yang digarap PT Jasamarga dikarenakan memang satu paket dengan pembangunan Tol Mapan. Sehingga menjadi ranahnya pelaksana pembangunan tol.

"Itu merupakan bagian dari kontruksi bangunan tol, jadi ranah mereka. Kita tentu support dengan hal tersebut. Ini untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara juga," ucapnya.

Baca Juga : Sempat Ditunda, Exit Tol Madyopuro Beroperasi Sore Ini

Di kesempatan terpisah, Siswantono, Direktur Teknik PT Jasamarga Pandaan Malang, membenarkan pembangunan jalan baru di Ampeldento untuk menyeimbangkan antara jalan areteri dengan kontruksi jalan baru.  Dimana saat ini, antara jalur arteri dengan kontruksi jalan baru terdapat perbedaan tinggi hingga 60 centimeter (cm).

"Karena itu kita bangun jalur baru untuk menyeimbangkan. Agar pengendara nyaman dan aman serta juga tidak macet saat seksi 4 tol Mapan beroperasi," ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan proses tersebut juga sudah melalui koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang dan pihak Polres Malang.

"Sudah kita lakukan koordinasi sejak desain seksi 4 jalan tol ini selesai. Terutama untuk exit tol yang memang membutuhkan pelebaran jalan atau penambahan lajur," pungkas Siswantono.