Wali Kota/Bupati saat swafoto di area Cafe Sawah, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (8/8/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Wali Kota/Bupati saat swafoto di area Cafe Sawah, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (8/8/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Kagum, itu yang terbesit oleh wali kota dan bupati yang tergabung dalam Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) saat mengunjungi Cafe Sawah di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (8/8/2019).

Usai resmi membuka Advocacy Horizontal Learning (AHL) sebagai agenda tahunan Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Pendopo Kabupaten Malang, mereka bergegas langsung terjun ke Cafe Sawah.

Sesampainya di sana bersama dengan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang Sanusi berkeliling di area Cafe Sawah. Setiap sudut yang berada di Cafe Sawah ini membuat mereka terpana.

Bagaimana tidak, cafe yang terletak di tengah persawahan yang membentang ditambah dengan pemandangan pesona perbukitan dan gunung itu memanjakan para tamu yang datang. Tidak hanya itu saja, sayur-sayur organik yang disuguhkan pun menjadi daya tarik di cafe ini. 

“Setelah kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo ini jadi viral. Dan ini banyak kecocokan dengan program kami menggabungkan pariwisata dan sanitasi,” kata Ketua AKKOPSI, Syarif Fasha.

Ia menjelaskan setiap daerah memiliki sawah, tetapi sawah yang memiliki nilai tambah ini ada di Cafe Sawah Pujon Kidul. Di cafe ini yang berbeda, menonjolkan desa wisatanya.

“Banyak sekali yang bisa dipelajari di sini, bukan hanya membuat sawah tapi memberikan nilai manfaat lebih,” imbuhnya.

Yang perlu dicontoh dari Cafe Sawah lanjut Sayrif,  bukan hanya sekadar memanfaatkan cafe tetapi juga memberdayakan masyarakat di Desa Pujon Kidul. Juga mampu menggabungkan sanitasi dengan pariwisata.

“Desa ini juga mampu mewujudkan antara sanitasi dan pariwisata. Dan ini yang perlu dicontoh oleh kota dan kabupaten di Indonesia,” tutup pria yang juga Wali Kota Jambi ini.

End of content

No more pages to load