M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang terus upaakan pembentukan dan penguatan karakter pelajar SMP  (dok MalangTIMES)
M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang terus upaakan pembentukan dan penguatan karakter pelajar SMP (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Karakter Pendidikan Kabupaten Malang kembali membuat gebrakan dalam membentuk karakter positif pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di wilayahnya. 

Yakni menggelar perkemahan pendidikan karakter di wisata Coban Rondo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, selama tiga hari dan diikuti oleh sekitar 1.000 siswa dari seluruh SMP di Kabupaten Malang.

Kemah karakter yang dibesut oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, tidak lepas dari harapan besar dalam menyeimbangkan pendidikan akademik para pelajar dengan penumbuhan karakter positif. 

Sebagai pondasi kuat para pelajar dikemudian hari. Karena, otak pintar tidak cukup tanpa adanya karakter positif yang tumbuh kuat dalam jiwa pelajar.

"Tantangan zaman semakin berat bagi generasi muda saat ini. Maka pembentukan karakter sejak dini menjadi kebutuhan dalam dunia pendidikan agar mereka menjadi sosok kuat dan memiliki kepribadian baik," kata M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Rabu (07/08/2019).

Melalui kemah pendidikan karakter di alam terbuka Coban Rondo, seribu pelajar SMP akan digembleng untuk belajar mandiri, bekerjasama, dan tentunya hidup di alam terbuka. 

Pembiasaan pendidikan tersebut diyakini mampu menjadi pondasi dalam pembentukan karakter positif para pelajar sejak dini.

Dayat, sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang ini melanjutkan, bahwa pendidikan karakter tidak bisa dilepaskan dalam pendidikan di era saat ini. 

Bahkan, pendidikan karakter menjadi pilar yang wajib terus diupayakan dan dikuatkan dalam sistem pendidikan nasional.

"Karena tantangan saat ini semakin kompleks dan tidak bisa hanya dihadapi dengan pintar saja. Karena itu kami terus memacu berbagai program pembentukan karakter pelajar sejak dini," ujarnya.

Perkemahan karakter bagi 1.000 pelajar SMP se-Kabupaten Malang digelar selama tiga hari. 

Dari Rabu (07/08/2019) sore, dimana acara dibuka langsung oleh Plt Bupati Malang Sanusi, sampai tanggal 9 Agustus 2019 datang. 

Termasuk dihadiri Ketua PGRI Kabupaten Malang, Korwil Pendidikan se-Kabupaten Malang serta Muspika Pujon.

Dayat juga menegaskan, bahwa untuk menumbuhkan dan menguatkan karakter pelajar, bukan hanya kewajiban pendidik di sekolahan saja. Tapi, merupakan kewajiban seluruh pihak secara integral. 

Sehingga proses penguatan karakter akan terus berkelanjutan. 

"Menumbuhkan dan menguatkan karakter positif harus berkelanjutan. Karena itu apa yang kita lakukan ini merupakan bagian dalam proses tersebut," tegas peraih penghargaan  prestasi istimewa dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Harapan besar pun disematkan dalam berbagai kegiatan pembentukan karakter, seperti kemah karakter tersebut. 

Yakni tercipta dan tumbuhnya karakter positif pelajar serta menjadi pribadi yang santun, cerdas, sehat serta agamis.

"Harapan besar kami sebagai pendidik tentunya seperti itu. Sehingga nantinya para pelajar ini ke depan menjadi para penerus bangsa dan negara yang memiliki karakter positif," pungkas Dayat.