Bus Macito (Foto : Istimewa)

Bus Macito (Foto : Istimewa)



MALANGTIMES - Bus Malang City Tour (Macito) menjadi salah satu fasilitas transportasi gratis yang disediakan Pemerintah Kota Malang sejak beberapa tahun terakhir. Bus bertingkat ini bahkan menjadi salah satu ikon wisata di kota pendidikan ini. 

Tak jarang, bus berwarna hijau ini dijadikan untuk mengajak tamu-tamu penting Pemkot Malang mengelilingi beberapa sudut kota.

Sayangnya, sejak Agustus 2019 ini bus bertingkat itu terpaksa tidak bisa lagi ditemui lalu lalang di jalanan. Karena saat ini, bus yang banyak diincar wisatawan saat akhir pekan itu sudah tidak lagi beroperasi. Masyarakat yang hendak menikmati perjalanan gratis menggunakan bus bertingkat itu nampaknya harus gigit jari. Karena belum diketahui sampai kapan bus Macito akan berhenti beroperasi.

"Karena ada penyesuaian aturan, jadi bus Macito terpaksa tidak digunakan dulu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni pada MalangTIMES saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu (7/8/2019).

Menurutnya, tidak dioperasikannya bus Macito lantaran bus bertingkat tersebut tidak memiliki surat-surat kendaraan yang sesuai. Sehingga, pihak berwajib enggan mengeluarkan surat-surat kendaraan sebagaimana yang memang dimiliki sebuah kendaraan.

"Macito specnya tidak bertingkat, tapi dibuat bertingkat. Sehingga pihak berwajib tidak mau mengeluarkan surat-suratnya. Dan saat mendapat bus, memang tidak dilengkapi dengan surat-surat," imbuhnya.

Lebih jauh dia menyampaikan jika Wali Kota Malang Sutiaji telah menginteruksikan agar Dinas Perhubungan (Dishub) segera mengadakan bus baru untuk memberi fasilitas kepada masyarakat dan wisatawan. Karena Macito belum diketahui dengan pasti akan dapat dimanfaatkan kembali atau tidak.

"Diupayakan bisa lagi, tapi belum tahu," tambah perempuan yang akrab disapa Dayu itu.

Menurutnya, Dishub Kota Malang sudah diminta melakukan studi banding pengadaan bus wisata tersebut. Kemungkinan, bus yang akan digunakan adalah bus dengan model yang hampir sama dengan Macito saat ini, yaitu model bertingkat.

"Mungkin nanti bisa seperti Macito," urainya.

Sementara itu, saat ini jumlah bus Macito yang dimiliki Kota Malang berjumlah dua. Bus tersebut merupakan hibah yang sudah dioperasikan sejak sekitar 3,5 tahun lalu. 

End of content

No more pages to load