Kreasi seni berbahan kain dari Benjamin Shine. (Foto: Instagram @Benjaminshinestudio)
Kreasi seni berbahan kain dari Benjamin Shine. (Foto: Instagram @Benjaminshinestudio)

MALANGTIMES - Kreativitas seni memang beragam. Tak hanya melalui kanvas dan alat cat untuk jadi lukisan. Bukan pula dengan membuat lagu untuk menghadirkan musik yang enak didengar. Tapi, kreasi yang satu ini dilakukan dengan cara yang lebih kreatif dan unik daripada yang lainnya.

Ya, hal itu dibuktikan oleh seorang seniman Benjamin Shine asal Inggris yang membuat karya seni patung berbahan kain dengan hasil mengagumkan. Dilansir dari berbagai sumber, seniman ini menuangkan imajinasinya dengan dua alat, yakni kain dan setrika. 

Keduanya untuk membentuk wajah bahkan gambaran tubuh seseorang. Bahkan, tidak ada cat atau lem yang digunakan untuk menyusun setiap bagian wajah dalam lukisan. Semuanya bermodal kain saja lho.

Jika dilihat dari kejauhan, potret rumit ini memang tampak seperti dicat menggunakan sapuan kuas. Tetapi ketika diamati lebih dekat, gulungan dan lipatan kain itu sangat kentara. Ribuan kain itu diubah menjadi karya seni dengan cara melipat, menjahit, dan menggumpalkan kain.

Shine sendiri memulai mempelajari seni pembuatan patung dengan kain saat masih menimba ilmu di perguruan tinggi. Awalnya ia menggunakan kain tulle dengan menciptakan karya yang fokus pada gagasan energi dan kefanaan. Untuk membuat satu karya, tidaklah mudah. Shine harus rela menghabiskan watunya selama ratusan jam.

Tak ayal, karyanya ini memiliki khas keindahan tersendiri bagi penikmatnya. Setiap satu potret yang dihasilkan kabarnya menggunakan lebih 10 hingga 50 meter helaian fabrik tulle. Kain ini dilipat dan digosok menggunakan setrika untuk menghasilkan rupa wajah seseorang. Hasilnya tampak lebih realistik dan lebih cantik daripada lukisan.