Catat Tanggalnya, Disbudpar Kota Malang Kembali Hadirkan Malang Flower Carnival Bertema Padma Nusa

MALANGTIMES - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang tahun ini kembali memfasilitasi pergelaran karnaval tahunan terbesar di Malang Raya, yakni Malang Flower Carnival (MFC). Mengangkat tema Padma Nusa, pelaksanaan gelaran tahun ke 9 ini juga akan melibatkan kontestan-kontestan mancanegara. 

Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, MFC merupakan satu dari delapan even pariwisata dari Kota Malang yang masuk ke dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia yang digelar sepanjang tahun 2019. "Acara ini menjadi salah satu ikon wisata event Kota Malang, dan kami beruntung bisa masuk dalam CoE Kementerian Pariwisata," ujar Dayu, sapaan akrabnya. 

Rencananya, MFC 2019 akan dilangsungkan pada 15 September 2019 mendatang. Event yang sudah memasuki tahun ke-9 ini, akan diselenggarakan di Jalan Ijen, Kota Malang. Acara bakal dimulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB alias selama empat jam nonstop. "Acara dikemas semaksimal mungkin. Jalan Ijen sepanjang 800 meter yang merupakan salah satu ikon Kota Malang, akan dibuat berbunga oleh ratusan desainer dan pelajar," terangnya. 

"Itu diselaraskan dengan tema Padma Nusa yang diusung di seri 2019," lanjut Dayu. Dia menuturkan, MFC tahun ini mengangkat tema Padma Nusa atau Teratai Nusantara. Tujuannya, untuk mengeksplorasi keindahan bunga teratai Indonesia. Event ini juga dalam upaya mem-branding Kota Malang sebagai Kota Bunga. 

Dayu memprediksi, peserta MFC 2019 akan meningkat signifikan. Khususnya peserta dari Kota Malang dan kota-kota lain di Jawa Timur. Seperti, Surabaya, Banyuwangi, Jember, Blitar, Pasuruan, Surabaya, Probolinggo, Bondowoso, Kediri, Nganjuk, dan Batu. Bahkan dari Luar Jawa Timur seperti dari Jogja, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi dan Kalimantan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar RI Rizki Handayani mengaku tidak meragukan keistimewaan MFC. Menurutnya, tahun ini ada perwakilan dari 5 negara yang akan menjadi kontestan MFC 2019. Negara itu adalah Jerman, Belanda, Hungaria, Mesir, dan Mali. "Peserta asing ini akan mengenakan kostum bertemakan Bunga Nusantara. Kostum dengan warna warni kuat plus tata riasnya disediakan oleh penyelenggara," kata Rizki. 

Top