Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Liputan Haji 2015

Melebihi Kuota, Banyak Koper Jemaah Dibongkar

Penulis : Ronny Wicaksono - Editor : Redaksi

19 - Sep - 2015, 13:47

Koper jemaah haji siap diangkut ke tanah air (Foto: kemenag.go.id)
Koper jemaah haji siap diangkut ke tanah air (Foto: kemenag.go.id)

MALANGTIMES - Banyak koper jemaah haji Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air lewat kelompok terbang (kloter) awal dilaporkan melampaui batas kuota 32 kilogram sehingga harus dibongkar.

"Bongkar, ini bongkar," seru seorang juru timbang yang melihat koper jemaah Kloter 2 embarkasi Makasar (UPG 02) yang mencapai 33 kilogram. Situasi tersebut nampak di Pemondokan 302, wilayah Mahbas Jin, Mekkah, Arab Saudi pada Jumat (19/9/2015).

Meski hanya kelebihan satu kilogram, tidak ada toleransi dari para juru timbang sehingga pemilik koper pun harus membongkar isinya. Sang empunya koper yang diketahui bernama Mugge pun terpaksa membongkar koper yang sudah dikunci dan diikat rapat itu, dengan dibantu rekannya.

Jika jemaah bisa mengemas kopernya di bawah batas yang diperkenankan, juru timbang biasanya memberi apresiasi. "Sukriah Binorung, 30 kilogram. Selamat," seru salah satu saksi juru timbang dari Makasar.

Para jemaah rata-rata mengaku isi koper mereka adalah oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga. "Ya biasa ada kurma, songkok, dan oleh-oleh lain untuk keluarga dan tetangga yang datang kalau kita pulang nanti," kata salah satu jemaah benama Tafsir yang akan pulang ke Tanah Air pada 30 September mendatang. (*)


Topik

Peristiwa Liputan-Haji-2015 Madinah Makkah Jamaah-Haji


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ronny Wicaksono

Editor

Redaksi