Mbah Moen saat dikawal beberapa orang termasuk Polisi Saudi untuk mencium Hajar Aswad (Ist)

Mbah Moen saat dikawal beberapa orang termasuk Polisi Saudi untuk mencium Hajar Aswad (Ist)



MALANGTIMES - Ulama besar Indonesia, Kiai Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Ia dipanggil sang pencipta saat tengah menjalankan ibadah haji.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, itu wafat sekitar pukul 04.30 waktu Makkah (6/8/2019) di RS Ann Nur Makkah.

Sebelumnya, dalam proses menjalankan ibadah hajinya, Kiai kharismatik itu, nampaknya mendapatkan perlakuan istimewa dan dimudahkan dalam menjalankan ibadah oleh pemerintah Arab Saudi. Seperti dalam sebuah moment untuk mencium Hajar Aswad.

Moment kala sang kiai yang akrab disapa Mbah Moen, saat mencium Hajar Aswad, sempat terabadikan dalam video dan tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, nampak Mbah Moen yang duduk di kursi roda, dikawal sejumlah orang termasuk Polisi Saudi yang nampak mencegah orang-orang di belakangnya yang jumlahnya ribuan untuk merangsek kedepan untuk mencium Hajar Aswad.

Terlihat dalam video, lebih dari lima polisi membentuk barikade memutar untuk memberikan jalan kepada Mbah Moen untuk mencium Hajar Aswad. Dengan usaha keras, Mbah Moen berjuang untuk berdiri dari kursi rodanya dibantu oleh beberapa orang berbaju putih mencium Hajar Aswad.

 

 

Selama beberapa detik, Mbah Moen mencium Hajar Aswad dengan penuh penghayatan, dan sempat  mencium Hajar Aswad selama beberapa kali dan kemudian duduk kembali ke kursi roda dibantu dengan mereka yang mengawal Mbah Moen.

Sebelum wafat, Mbah Moen diketahui juga sempat bertemu dengan tokoh-tokoh Indonesia. Dua hari sebelumnya, Mbah Moen sempat bertemu dengan Duta Besar Indonesia di Saudi Arabia, Agus Maftuh Abegebriel.

Pada 27 Juli 2019 lalu, Mbah Moen juga sempat bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Mbah Moen berpamitan kepada Megawati untuk menunaikan ibadah haji.

Dan pada saat Pilpres 2019 lalu, Mbah Moen juga sempat bertemu Jokowi. Saat itu, Jokowi juga diberikan sebuah hadiah oleh Mbah Moen, yakni sorban berwarna hijau yang langsung dikalungkan di lehernya oleh Mbah Moen sendiri.

Sementara itu, masih belum diketahui secara pasti, dimana Mbah Moen akan dimakamkan. Namun dari informasi yang beredar Mbah Moen akan dimakamkan di Makkah.

Dan nantinya, setelah salat Dhuhur di Masjidil Harom, jenazah Mbah Moen akan disalati dan disemayamkan di Maqom Ma'la dengan Syayidah Khodijah Al Kubro RA, guru beliau Sayyid Alawi Al Maliki, Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki, dan dekat Maqom Hb Salum As Syathiry.

End of content

No more pages to load