Wali Kota Malang Sutiaji (kenakan baju warna hitam) saat meninjau langsung kesiapan Stadion Gajayana dan memberi arahan petugas Paskibra dalam HUT RI ke 74 di Kota Malang (Humas Pemkor Malamg for MalamgTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (kenakan baju warna hitam) saat meninjau langsung kesiapan Stadion Gajayana dan memberi arahan petugas Paskibra dalam HUT RI ke 74 di Kota Malang (Humas Pemkor Malamg for MalamgTIMES).

MALANGTIMES - Perayaan HUT ke 74 Republik Indonesia sudah di depan mata. Perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang selalu jatuh pada tanggal 17 Agustus itu akan dirayakan oleh seluruh masyarakat di berbagai belahan Indonesia.

Tanpa kecuali Kota Malang, yang kali ini akan menjadikan Stadion Gajayana sebagai saksi sejarah baru perayaan yang begitu menggembirakan tersebut.

Untuk meninjau langsung segala persiapan menjelang HUT, Wali Kota Malang Sutiaji pun mendatangi langsung salah satu stadion tertua di Indonesia itu. Setiap sudut stadion menjadi jujukan untuk diperiksa langsung oleh pria berkacamata tersebut.

"Hari ini saya sengaja meluangkan waktu untuk meninjau langsung kesiapan Stadion Gajayana dalam rangka perhelatan upacara HUT RI," ujar Sutiaji.

Polititisi Demokrat itu menyampaikan, berbagai detail kesiapan upacara harus terus diperhatikan. Karena ini merupakan pertama kalinya Upacara Peringatan HUT RI dilaksanakan kembali di Stadion. Setidaknya akan ada kurang lebih 20 ribu pasang mata yang akan hadir dan mengikuti upacara tersebut.

"Sehingga saya ingin agar kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan dapat diminimalisir," tambahnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, penting bagi seluruh elemen yang turut serta dalam kegiatan tersebut untuk selalu berkoordinasi dan mengkomunikasikan hal-hal terkait kesiapan sebelum acara berlangsung. Dengan harapan jika ada permasalahan dapat segera terdeteksi dini dan dapat diselesaikan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Sutiaji juga menyempatkan melihat serta memberikan pengarahan dan motivasi kepada  para siswa siswi yang tergabung dalam Paskibraka yang nantinya juga akan bertugas.

Di sela-sela latihan Paskibraka, Wali Kota Sutiaji berpesan agar mereka tetap menjaga kondisi baik kesehatan maupun mentalnya. Karena saat upacara peringatan nantinya, mereka dituntut untuk fokus agar dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Karena sejujurnya, saat pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI, Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih akan menjadi satu-satunya fokus para peserta bahkan audiens yang turut serta hadir pada kegiatan tersebut; sehingga penting bagi mereka yang bertugas untuk tetap fokus dan terus berlatih," tandasnya.

Stadion Gajayana rencananya akan menjadi lokasi Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke 74 Republik Indonesia dan Upacara Penurunan Bendera Peringatan HUT ke 74 tahun Kemerdekaan RI mendatang.

Wali Kota Malang, H. Sutiaji direncanakan akan menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke 74 Republik Indonesia  tanggal 17 Agustus 2019 pagi harinya.