Pastikan Kondisi Gunung yang Terbakar, Pangdam V/Brawijaya Datang ke Kota Batu

MALANGTIMES - Kebakaran hutan Gunung Arjuna mendapatkan perhatian dari Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boediana dengan terjun langsung melakukan koordinasi bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Balai Kota Among Tani, Senin (5/8/2019).

Kedatangan Pangdam V Brawijaya juga disambut oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu Heny Alamsari dan  Wakapolres Batu, Kompol Zein Mawardi.

Rupanya dengan adanya kebakaran hutan yang melanda Gunung Arjuna hingga 300 hektare itu membuatnya ingin melihat kondisi gunung tersebut. “Kedatangan saya ke Kota Batu sekaligus bertemu dengan Ibu Wali Kota Batu untuk memastikan kondisi terkini,” kata Pangdam Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boediana.

Langkah penanganan dengan water bombing yang sudah dilakukan sebanyak 5 kali itu merupakan tindakan yang tepat. “Langkah yang sudah dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini sudah tepat,” ungkapnya.

Ia juga menyarankan ke depan untuk melakukan sosialisasi kepada warga di Kota Batu pasca terjadinya kebakaran hutan ini. Tujuannya agar warga yang berdekatan dengan hutan bisa cepat dalam mengatasi kebakaran hutan.

“Sosialisasi ini sangat penting diberikan kepada warga di area berdekatan dengan hutan, supaya bisa bersinergi mengatasi kebakaran seperti ini,” tambahnya.

Sementara itu  Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menambahkan hingga saat ini beragam usaha telah dilaksanakan oleh tim penanganan kebakaran. Mulai dari penanganan yang dilakukan secara manual hingga water bombing.

“Kita sudah berupaya, mulai dari yang manual hingga water bombing sudah dilakukan untuk memadamkan api,” ucap Dewanti.

Top