9 Kereta Api Terlambat Akibat Listrik Padam, Penumpang Dapat Kompensasi Makanan

Aug 05, 2019 15:53
Ilustrasi penumpang saat menggunakan moda transportasi kereta api. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi penumpang saat menggunakan moda transportasi kereta api. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Padamnya listrik di sebagian Pulau Jawa berimbas pada jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api (KA). Total ada sekitar 9 KA jarak jauh dan menengah dari Jakarta yang terdampak dan jadwalnya molor mulai 21 menit hingga hampir 6 jam. Para penumpang pun mendapatkan kompensasi makanan atas keterlambatan itu.

Sebanyak 9 kereta api yang terlambat itu yakni KA 172A (Matarmaja) yang terlambat 45 menit, KA 42C (Gajayana) terlambat 144 menit (sekitar 2,5 jam), KA 142A (Majapahit) terlambat 165 menit (hampir 3 jam), KA 56A  (Bangunkarta) terlambat 356 menit (nyaris 6 jam), KA 44B (Bima) terlambat 201 menit (3 jam lebih), KA 7064 (Jayakarta) terlambat 21 menit, KA 4 (Argo Anggrek) terlambat 152 menit (2,5 jam), KA 48 (Sembrani) terlambat 106 menit (hampir 2 jam), serta KA 78 (Gumarang) terlambat 80 menit (1 jam lebih). 

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengungkapkan bahwa penyebab keterlambatan tersebut adalah karena insiden padamnya aliran listrik pada Senin (4/8/2019) kemarin. "Kami mohon maaf atas keterlambatan dan rasa kurang nyaman untuk pelayanan kereta api pada hari ini, akibat adanya kejadian listrik padam di wilayah Jakarta, kemarin," ungkapnya.

Dia menguraikan, penumpang yang jadwal keberangkatannya tertunda oleh kendala teknis tersebut berhak mendapatkan kompensasi. Berdasarkan SK Service Recovery, kompensasi yang diberikan pada penumpang KA jarak jauh dan menengah tersebut berupa makanan dan minuman. "Penumpang KA yang diperkirakan terlambat lebih dari 3 jam diberikan makanan ringan dan minuman senilai Rp 15 ribu, lebih dari 5 jam makanan berat dan minuman senilai Rp 30 ribu, sementara kalau lebih dari 10 jam senilai Rp 50 ribu," urainya. 

"Kami dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan berharap kepada para penumpang menjadi maklum. Prioritas keselamatan merupakan komitment kami," ujar Suprapto. Untuk keterlambatan kedatangan KA penumpang di wilayah Daop 8 Surabaya sendiri melibatkan lima KA. Yakni KA Sembrani dan Argo Anggrek relasi Gambir Jakarta - Surabaya Turi; KA Bangunkarta dan Bima relasi Gambir Jakarta - Surabaya Gubeng; serta KA Matarmaja relasi Pasar Senen Jakarta - Kotabaru Malang. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita Malang9 kereta api jarak jauh dan menengahPasar Senen Jakarta Kotabaru MalangPadamnya listrik di sebagian Pulau Jawa berimbas pada jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api

Berita Lainnya

Berita

Terbaru