PJU Punya Peran Vital Bagi Kota, Perawatan Rutin Selalu Dilakukan

Aug 05, 2019 15:27
Petugas PJU yang tengah berupaya memperbaiki PJU yang mengalami trouble (Bidang PJU)
Petugas PJU yang tengah berupaya memperbaiki PJU yang mengalami trouble (Bidang PJU)

MALANGTIMES - Penerangan Jalan Umum (PJU), merupakan hal yang vital bagi sebuah daerah. Sebab, jika sebuah daerah gelap gulita tanpa PJU, bisa dibayangkan, akan banyak permasalahan seperti kejadian kecelakaan, pencurian ataupun kejadian lainnya yang membuat suasana tak kondusif.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Maka dari itu, dengan pentingnya fungsi PJU, Bidang PJU, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) rutin untuk terus melakukan perawatan pada PJU-PJU di seluruh Kota Malang, agar PJU yang terpasang, bisa terus maksimal dalam memberikan penerangan serta mempercantik kawasan Kota Malang ketika malam hari.

Seperti pada hari ini (5/8/2019), Bidang PJU menerjunkan tim untuk melakukan pemeliharaan rutin di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Klojen, Kota Malang.
Di sana, petugas memperbaiki sebuah PJU yang memang mengalami sedikit kerusakan dengan putusnya satu line kabel.

Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Jalan Umum (PJU) Disperkim Kota Malang, Agus Sunarhadi, mengatakan perawatan sangatlah penting dan selalu dilakukan setiap harinya. Dan bila pun terdapat pengaduan masyarakat mengenai PJU, sebisa mungkin petugas akan langsung mengatasi pengaduan masyarakat.

"Dengan begitu, permasalahan PJU bisa segera diatasi, sehingga tidak berdampak pada masyarakat. Jika pun harus menunggu, hal itu memang biasanya karena menunggu material," jelasnya.

Dan dengan fungsi PJU yang prima, maka kembali lagi, manfaatnya, akan begitu besar dirasakan oleh masyarakat. Dengan kondisi jalan yang terang, masyarakat bisa nyaman berkendara, kecelakaan bisa terminimalisir, kejahatan setidaknya juga bisa dicegah dengan kondisi jalan yang terang.

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

Kemudian, dalam hal perawatan, setiap harinya, Bidang PJU selalu menerjunkan beberapa tim untuk melakukan pemantauan kondisi PJU.

"Setiap harinya, tim dari PJU selalu rutin berkeliling dengan beranggotakan sekitar enam orang personel. Terdiri dari driver, teknisi dan juga pengawas yang juga didukung dengan mobil snorkelift. Pendeteksian PJU bermasalah bisa dari tim kami yang rutin untuk mobile, berkeliling memantau kondisi-kondisi PJU," bebernya.

Selain itu, pendeteksian juga banyak yang dilakukan atas pengaduan masyarakat. Masyarakat saat ini nampaknya juga sudah mulai aktif melaporkan trobel pada PJU-PJU di Kota Malang. Karenanya mereka diimbau untuk memberikan informasi kepada petugas, agar tentang PJU bermasalah, agar segera bisa dilakukan perbaikan. 

Topik
MalangBerita MalangPenerangan Jalan UmumKepala Bidang Penerangan Jalan Umum Agus Sunarhadi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru