Lewat PINARAK, KKN 11 UMM Berharap Tercipta Generasi Bangsa yang Berjiwa Sosial

MALANGTIMES - Melalui kegiatan PINARAK (Pionir Anak Rakyat) KKN 11 UMM, berharap tercipta generasi bangsa yg kreatif, cermat dan berjiwa sosial, Sabtu (3/8/2019).

Kelompok KKN 11 yang ditempatkan di Desa Karang Nongko kecamatan Poncokusumo kabupaten Malang mengusung kegiatan PINARAK (Pionir Anak Rakyat) yang bertujuan meningkatkan kreativitas generasi bangsa khususnya di Desa Karang Nongko. 

Kegiatan ini dilakukan sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.30 WIB. 

Terlihat kurang lebih 100 anak yang berusia sekitar 7-12 tahun ikut berpartisipasi pada kegiatan PINARAK. 

Menurut Kemal Adeleo (22), ketua pelaksana PINARAK, kegiatan ini memiliki harapan tersendiri agar anak-anak sebagai generasi bangsa menjadi generasi yang kreatif, cermat dan berjiwa sosial.

"Pinarak dilatarbelakangi harapan kami semoga adik-adik dapat siap menghadapi perkembangan zaman yang begitu cepat, sehingga adik-adik harus menjadi anak yang memiliki kreativitas, cermat, dan berjiwa sosial tinggi," ujarnya saat diwawancarai Sabtu (3/8). 

Kegiatan ini berlangsung penuh kemeriahan dan antusiasme warga sekitar. 

Sejak siang terlihat anak-anak yang didampingi orangtua masing-masing mulai memadati lokasi PINARAK, hingga malam puncak pengumuman pemenang lomba pun lokasi tak terlihat sepi.

Bahkan semakin ramai dengan kehadiran dosen pendamping lapangan, kelompok KKN 12 UMM dan juga kelompok KKN Nuansa Malang dari Universitas Sebelas Maret Solo. 

"PINARAK merupakan kegiatan yang menyasar pada anak-anak sebagai pionir perkembangan bangsa, kegiatan ini cukup bagus sebagai awal mula penyaluran semangat kepada anak-anak daerah sini (Karangnongko)," ungkap pak Jufri, selaku DPL kelompok 11. 

Diharapkan, kegiatan positif seperti ini dapat terus berlangsung dan menjadikan adik-adik di Karangnongko menjadi anak yang cermat dan siap menghadapi perkembangan zaman.

Top