(dari kiri ke kanan) Kepala SDK Santa Maria II Sr Veronique Marie SPM, Izabelle Kurniawan (Kiara), dan Kadindik Kota Malang Dra Zubaidah MM. (Foto: Humas)
(dari kiri ke kanan) Kepala SDK Santa Maria II Sr Veronique Marie SPM, Izabelle Kurniawan (Kiara), dan Kadindik Kota Malang Dra Zubaidah MM. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Lagi, salah satu siswi di Kota Malang menorehkan prestasinya di kancah internasional. Izabelle Kurniawan, siswi kelas lima SDK Santa Maria II Malang meraih tiga medali perak sekaligus pada ajang World Championship of Performing Arts (WCOPA).

Kompetisi itu diselenggarakan di Westin & Longbeach Performing Art Centre, California, Amerika Serikat pada Sabtu 13 Juli 2019 lalu. Ribuan peserta dari 66 negara menunjukkan talenta-talenta di bidang seni musik, seni peran, dan modelling.

Putri pasangan Stefanus Yulianto dan Ie Intan Kurniawan ini dinilai layak memperoleh medali usai unjuk potensinya menyanyikan lagu-lagu kategori Pop, Rnb/Soul/Jazz, dan Original Work.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM mengapresiasi prestasi gadis yang akrab disapa Kiara tersebut. Ia juga sempat mendatangi SDK Santa Maria II Malang beberapa waktu yang lalu. “Setiap anak memiliki potensi dan keistimewaan masing-masing, baik pada bidang akademis maupun non akademis yang bilamana orangtua dan guru secara bersama sama dan saling mendukung maka akan mampu menumbuhkembangkan potensi tersebut, hingga berbuah prestasi yang membanggakan seperti Ananda Izabelle Kurniawan ini," ujarnya.

Atas nama Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah mengucapkan selamat atas tiga medali perak yang diraih Kiara di ajang WCOPA tahun 2019 tersebut.

Menurut Zubaidah, prestasi yang diraih Kiara tak lepas dari kerja keras dan kerja sama yang baik antara orang tua dan sekolah. "Terima kasih berkat kerja keras dan kerja sama yang baik antara orang tua Kiara dengan SDK Santa Maria II Malang maupun pihak terkait sehingga potensi Kiara benar-benar semakin terasah dengan baik,“ ucapnya.

Perlu diketahui, sejak awal masuk kelas satu, Kiara memang tertarik dengan olah vocal usai dirinya menyaksikan ekstrakurikuler paduan suara yang ditampilkan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Berbagai ajang festival olah Tarik Suara mulai dari tingkat lokal dalam FLS2N hingga tingkat nasional di ajang Singing Competition Ully Goeslow. Pengalamannya itu mampu membentuk karakter sportivitas, keinginan untuk lebih baik dari waktu ke waktu, dan membuatnya makin giat berlatih.

Hingga akhirnya kini dibuktikan dengan kesuksesannya meraih tiga medali perak pada ajang World Championship  of Performing Arts (WCOPA).

Tiga lagu berjudul  All by Myself yang dipopulerkan oleh Celine Dion dan Who’s Loving You yang dipopulerkan oleh Michael Jackson serta lagu jawa berjudul Walang Kekek yang dinyanyikan Kiara ternyata mampu memukau dewan juri WCOPA 2019.

Zubaidah mengatakan, untuk mengakomodir dan lebih mengoptimalkan penelusuran bakat, minat, serta pembinaan potensi peserta didik pada bidang akademis maupun non akademis dengan maksimal, pemerintah saat ini mengadakan rapor rekam jejak. Satuan Pendidikan di Kota Malang telah menjalankan kebijakan pemerintah tersebut.

"Semoga jejak dan semangat Kiara untuk senantiasa mengasah kemampuannya hingga berbuah prestasi diikuti oleh peserta didik SDK Santa Maria II pada khususnya dan peserta didik di Kota Malang pada umumnya," pungkasnya.