Imbas Kebakaran Hutan Gunung Arjuna, Banjir Bandang Bisa Menerpa Beberapa Desa di Kota Batu

Aug 02, 2019 17:43
Kondisi Gunung Arjuna beberapa saat yang lalu. (Foto: istimewa)
Kondisi Gunung Arjuna beberapa saat yang lalu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Luasan lahan yang terdampak kebakaran hutan di Gunung Arjuna sejak 6 hari yang lalu  mencapai 300 hektare. Tentunya ada dampak yang ditakutkan saat musim hujan datang. Potensi ancaman banjir bandang di musim hujan mendatang akan semakin besar. “Yang ditakutkan karena bencana ini nanti bisa terjadi banjir bandang,” ungkap Suhartono, Koordinator TRC PB BPBD Kota Batu.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Ia menjelaskan pada kebakaran tahun 2014 silam yang merenggut kawasan hutan dan lahan hingga luas ratusan hektare berdampak pada bencana. Ya banjir bandang menerpa beberapa desa di Kota Batu. 

“Tahun 2014 silam itu juga terjadi kebakaran hebat yang wilayah terdampak sampai ratusan. Dan itu imbasnya banjir bandang benar terjadi di beberapa desa,” imbuhnya. 

Ya imbas kebakaran hutan itu berdampak pada banjir bandang yang menerpa empat desa di Kecamatan Bumiaji. Yakni Desa Sumber Brantas, Desa Sumbergondo, Desa Tulungrejo, dan Desa Bulukerto. “Ke empat desa ini yang terkena dampak dari banjir bandang. Dan lumayan cukup parah,” tambah suhartono, Jumat (2/8/2019).

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Banjir bandang yang menerpa empat desa itu langsung menerpa lahan pertanian di sana. Lalu jembatan penghubung desa terputus karena ambrol. “Kalau gak salah ada beberapa rumah yang terdampak karena banjir bandang ini,” jelasnya saat ditemui di Balai Kota Among Tani. Diperkirakan berakhirnya musim kemarau pada bulan Desember mendatang.

Topik
BatuBerita Batukebakaran Gunung Arjunadampak kebakaranBPBD Kota Batupotensi ancaman banjir bandang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru