Anggota Komisi C DPRD Kota Malang saat melakukan sidak ke Apartemen Nayumi Sam Tower (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Anggota Komisi C DPRD Kota Malang saat melakukan sidak ke Apartemen Nayumi Sam Tower (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mendapat laporan warga, Komisi C DPRD Kota Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap Proyek pembangunan Apartemen Nayumi Sam Tower di Jl Sukarno-Hatta, Jumat (2/8).

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang, Ditto Arief mengatakan kedatangan anggota DPRD tersebut untuk memperjelas terkait IMB, izin Amdal serta HO. Dimana hak itu diadukan oleh masyarakat yang mengeluhkan adanya proyek apartemen tersebut. "Kami ke sini atas laporan masyarakat terkait izin bangunan. Sebagaimana sebelumnya, proses pembangunan harusnya terkomunikasikan dengan warga sekitar, sejauh ini pihak Apartemen Nayumi Sam Tower dirasa belum ada komunikasi kesana, kami mengonfirmasi itu," ujar dia.

Ia menjelaskan, jika Amdal sudah dikeluarkan. Hanya saja, pihak warga sekitar khususnya RW 10 tidak merasa ada bentuk dari Apartemen Nayumi Sam Tower yang meminta persetujuan warga. Padahal, untuk mengeluarkan izin Amdal tersebut harus ada persetujuan warga setempat.

"Bahkan mereka (warga) menginformasikan kepada kami ada aktivitas di malam hari dan cukup mengganggu. Memang setelah kami cek, Amdal sudah keluar, tapi izin lingkungannya belum ada. Harapan kami ini jelas, mulai site plan hingga perizinan itu. Dan jika memang belum resmi berizin, aktivitas apapun ditiadakan dulu," imbuh dia.

Sayangnya, dari hasil sidak yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Malang, Bambang Heri Susanto bersama beberapa anggota komisi C DPRD tersebut belum membuahkan hasil. Lantaran, pihak pengelola tidak berada di tempat.

Sedangkan, seseorang yang mengaku sebagai admin dari Apartemen Nayumi Sam Tower bernama Yuan saat mediasi merasa tidak berkewenangan memberikan jawaban. "Kami disini tidak bisa menjawab, kewenangan itu semuanya dari pusat Jakarta. Dari saya mohon maaf," ungkapnya.

Dari kejadian tersebut, pihak Komisi C DPRD Kota Malang dalam waktu dekat akan memanggil pihak Apartemen Nayumi Sam Tower guna memberikan kejelasan lebih lanjut. Sehingga masyarakat sekitar tidak ada yang merasa diresahkan lagi.