TP4D Kejari Kota Malang saat melakukan monev di Pasar Mergan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
TP4D Kejari Kota Malang saat melakukan monev di Pasar Mergan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tim Pengawal dan Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D), Kejari Kota Malang, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) proses renovasi Pasar Mergan. Dalam monev tersebut, TP4D memberikan beberapa catatan kepada pihak pengawas proyek.

Ketua TP4D Kejari Kota Malang, Yusuf Hadiyanto, menjelaskan, jika dalam monev langsung di lapangan, pihaknya memang sudah mendapati proses pelaksanaan proyek sedang berlangsung. Selain itu, spesifikasi material proyek, juga sudah sesuai dengan apa yang ada dalam kontrak.

"Mungkin temuannya dari konsultan pengawas, kita belum terima laporannya, dan mereka juga belum buat laporan. Dan di sini juga kita tegaskan, agar pihak pengawas membuat laporan secara berkala," bebernya ditemui di Pasar Mergan (2/8/2019).

Melihat kondisi lapangan, dengan mobilisasi yang sedikit menyulitkan pekerjaan, TP4D juga mengimbau, agar para pedagang bisa kooperatif untuk mengikuti petunjuk dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang, sehingga proses pembangunan bisa lancar dan segera selesai.

"Pekerjaannya saat ini sudah sampai presentase 13 persen. Dan baru dimulai sekitar empat mingguan. Untuk kendala pelaksana, masalah mobilisasi, sehingga pengerjaan lebih hati-hati karena masih ada pedagang di sekitarnya," jelasnya.

Dijelaskan Yusuf lebih lanjut, jika selain memantau proses pelaksanaan pekerjaan, pihaknya juga melakukan pengawasan mengenai masalah keterjaminan asuransi maupun kesehatan dari para pekerja. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang bisa saja menganggu kegiatan proyek.  

"Supaya misalkan ada hal yang tak diinginkan, maka pekerjaan nya tetap mendapatkan jaminan keselamatan, sehingga tidak berdampak pada proses pelaksanaan proyek, dan proyek tetap bisa berjalan," jelasnya.

Sementara itu, pelaksana proyek, Haryo Adi Prabowo menjelaskan, jika pihaknya diminta untuk melakukan penyelesaian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Waktu yang ditentukan untuk penyelesaian pembangunan Pasar Mergan, selama 120 hari.

"Kami tetap rencanakan sesuai schedule, namun dari pihak perencanaan ada re-design, sehingga kami juga mengajukan tambahan waktu. Tapi dari pihak kami akan mengupayakan pekerjaan sesuai jadwal," terangnya.

Pihaknya berharap, TP4D agar sesering mungkin untuk ikut mengawasi dalam pengerjaan proyek tersebut. Sebab, diakuinya, memang masih terdapat beberapa kendala, seperti permasalahan kios, maupun pedagang yang baru saja Minggu kemarin 100 persen pindah ke lokasi relokasi.