Tangkapan layar sosok pria yang disebut mendapat siksa kubur. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Tangkapan layar sosok pria yang disebut mendapat siksa kubur. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Beberapa hari terakhir, sebuah video memilukan tersebar melalui grup-grup WhatsApp (WA). Video berdurasi 34 detik itu menunjukkan seorang pria dengan tubuh tinggal kulit dan tulang serta penuh luka. 

Narasi yang disampaikan bersama penyebaran video tersebut yakni gambaran sosok mayat yang hidup kembali setelah mendapatkan siksa kubur. 

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam website resminya mengategorikan video dan narasi tersebut adalah hoaks.  "Telah beredar sebuah informasi di media sosial yang menyajikan sebuah video seorang pria yang dinarasikan sebagai jasad pria Israel yang bangkit kembali dari kuburnya. Setelah ditelusuri, informasi terkait jasad pria Israel yang bangkit dari kubur tersebut adalah tidak benar," demikian keterangan yang dilansir dari kominfo.go.id. 

"Pria dalam video tersebut bernama Alexander. Beliau merupakan korban penyerangan beruang di hutan wilayah Tuva, Rusia. Beliau berhasil diselamatkan, setelah para pemburu menemukannya di dalam sarang beruang," dikutip dari penjelasan yang diberikan Kominfo.

Ada beberapa narasi yang menyertai persebaran video tersebut. Versi yang didapatkan oleh Kominfo, narasi itu berbunyi: 

"Dua Hari lebih setelah dikubur. Jenazah Zionist Yahudi Israel ini kemudian digali dikarenakan ada suara jeritan dalam kuburnya, Subhanallah ini Pelajaran bukan hanya untuk Zionist Yahudi Israel Saja tetapi Pelajaran untuk kita semua atas Siksaan Allah, ini hanya siksa di kubur Bagaimana Siksa Diakhirat yang jauh amat Pedih bagi manusia Yang Dzolim."

Baca Juga : Beredar Proposal Skripsi "Hak Istimewa Luhut Binsar Pandjaitan", Ini Klarifikasi Unsoed

Sementara narasi yang diterima oleh MalangTIMES, sedikit berbeda meski masih mengangkat dramatisasi kisah siksa kubur. Berikut kutipannya:

"Alexander (Orang Yahudi) Yg Sudah Meninggal 2 Tahun. Pada Makamnya Terdengar Suara Berteriak, Menjerit Dan Merintih Seakan Seperti Orang Yg Sedang Merasakan Kesakitan?
Kemudian Oleh Masyarakat Setempat Sepakat Untuk Menggali Makam Tsb (Guna Memastikan Suara Yg Terdengar). Namun Ketika Makam Tsb Digali Sangat Mengejutkan Semua Masyarakat Sekitar ?
Dan Ternyata Alexander Yg Telah Dikubur Dua Tahun Lalu Tsb Ternyata Masih Hidup (Kembali Dihidupkan Oleh Allah Swt) .
Setelah Jasadnya Di Angkat Dan Dibawa Ke RS Kemudian la Menceritakan Kejadian2 Yg Sangat Menyakitkan, Menakutkan, & Juga Mengerikan Banyak Orang, Yaitu Siksa Kubur .
Dari Kejadian Tsb Kemudian Alexander Meyakini Bahwa Siksa Kubur Tsb Benar2 Nyata Adanya .
Dan Dari Kejadian Tsb Pula Yg Membuat Orang2 Jerman Berbondong-Bondong Memeluk (Masuk) Islam. Jika Allah Swt Berkehendak Segala Yg Tidak Mungkin Maka Akan Menjadi Mungkin. Subhanallah. Allahu Akbar.
Berikut Videonya