Jaga Kualitas, Dinas PU Kota Malang Uji Kelayakan Jalan Muharto

Jul 31, 2019 20:04
Petugas saat melakukan pengujian aspal (DPUPR)
Petugas saat melakukan pengujian aspal (DPUPR)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang, kambali melakukan melakukan uji kelayakan aspal jalan pada Rabu (31/7). 

Baca Juga : Bakal Ditutup Setiap Hari, Ini Jalur Yang Terapkan Physical Distancing di Kabupaten Malang

Ujia kelayakan aspal tersebut, dilakukan di sepanjang Jalan Zaenal Zakse dan Jalan Muharto Raya, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Pengujian tersebut untuk mengetahui kualitas dan kuantitas aspal, setelah beberapa waktu sebelumnya di dua jalan tersebut dilakukan pengaspalan oleh Bidang Bina Marga, DPUPR Kota Malang.

Memang pengujian core drill ini bertujuan mengambil sampel perkerasan aspal jalan.

"Sehingga bisa diketahui tebal perkerasannya serta untuk mengetahui karakteristik campuran perkerasan," ungkap Slamet Santoso Kasi Pengembangan Jembatan dan Jalan DPUPR Kota Malang (31/7/2019).

Dijelaskannya lebih lanjut, pengujian kualitas dan kuantitas jalan melihat kualitas material jalan, kemudian ketebalan, uni ekstraksi dan kontur dari aspal. 

Sesuai dengan regulasi atau aturan yang ada, pengujian core drill ini dilakukan setiap jarak per  50 meter sepanjang 200 meter.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

" Dan dijarak tersebut, pengujian dilakukan di enam titik. Di titik awal, titik tengah dan di titik akhir, masing-masing dua kali pengukuran. Dan ini memang sudah menjadi SOP dalam pengerjaan jalan," jelasnya.

Kemudian, lebih lanjut ia menjelaskan,  dalam pengujian, aspal sesuai dengan standart yang ada, maka konsekuensinya akan menimpa rekanan penggarap aspal.

Dari situ, bisa saja rekanan mendapatkan sanksi dengan  pembayaran sesuai apa dengan kondisi dilapangan atau bisa saja diminta kembali untuk melakukan pengaspalan sesuai dengan standart yang ada.

“Semua proyek pengaspalan jalan dengan beton atau hotmix dilakukan DPUPR di Kota Malang, satu persatu akan dicek secara bergiliran," pungkasnya.

Topik
MalangBerita MalangDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malanguji kelayakan aspal jalanBidang Bina Marga

Berita Lainnya

Berita

Terbaru