TPU Nasrani Sukun (UPT PPU)

TPU Nasrani Sukun (UPT PPU)



MALANGTIMES - Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelola Pemakaman Umum (PPU) juga tengah memburu satu arsip bersejarah lagi yang jadi saksi perkembangan TPU Nasrani Sukun. Yakni, sertifikat TPU Nasrani Sukun pada masa pengelolaan pihak Belanda.

Pencarian sertifikat itu selain pengumpulan data terkait buku pendataan makam, bukti registrasi makam maupun bukti kwitansi pembayaran pajak makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nasrani Sukun yang telah berusia puluhan tahun.

Kepala UPT PPU, Takroni Akbar, menjelaskan pihaknya saat ini memang tengah berupaya melakukan pencarian mengenai sertifikat TPU Nasrani Sukun pada masa pengelolaan pihak Belanda yang selama ini entah kemana rimbanya. "Memang kami sedang mencari sertifikat selama ini tidak tau kemana. Sertifikatnya pada masa zaman Belanda," jelasnya beberapa waktu lalu, ditemui di kantornya.

Namun dalam upaya pencarian tersebut, pihaknya sedikit menemukan jalan atau kejelasan dimana keberadaan sertifikat TPU Nasrani Sukun pada masa Belanda dulu. Pihaknya telah mendapatakan informasinya dari seseorang yang mengetahui keberadaan sertifikat tersebut.

"Ada teman yang sempat ngasi informasi, ya sekitar dua Minggu lalu, kalau ada orang yang menyimpan sertifikat itu, saya sudah coba untuk mengajak bertemu, tapi belum bersedia. Saya ingin memastikan langsung," terangnya.

Lanjut Takroni, pihaknya sendiri juga tidak mengetahui, darimana dan bagaimana orang tersebut bisa memiliki sertifikat TPU Nasrani Sukun pada masa Belanda. "Saya juga heran, dari mana orangnya dapat, apa mungkin dulu keluarganya juru kunci sini atau bagaimana, saya nggak tau," bebernya.

Dan untuk itu, pihaknya saat ini tengah mengupayakan untuk segera menemui orang yang memegang sertifikat tersebut. "Namun kemungkinan orangnya minta dibeli (sertifikat). Ya harapannya siapa tau pemerintah bisa menganggarkan dari pihak terkait. Kan ini juga salah satu arsip berharga," pungkasnya. 

End of content

No more pages to load