Tahun Ini, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah Kota Malang Menurun

Jul 30, 2019 18:15
Suasana Rapat Paripurna Di Kantor DPRD Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Suasana Rapat Paripurna Di Kantor DPRD Kota Malang (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang masih menjadi sorotan. Salah satunya, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dengan target sebesar Rp 25 miliar pada APBD 2019 mengalami penurunan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Malang dengan agenda penyampaian penjelasan walikota terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD TA.2019 yang berlangsung sore ini, (Selasa, 30/7).

Baca Juga : Limbah Pabrik Susu Greenfields Indonesia Kembali Digugat Warga

"Dalam APBDP 2019 hasil pengelolaan kekayaan daerah berubah menjadi Rp 22 miliar. Artinya mengalami penurunan hingga 9,71 persen dari target APBD 2019," paparnya.

Ia menjelaskan, penurunan tersebut disebabkan oleh adanya penurunan pada hasil proyeksi yang menjadikam beberapa penghapusan proyek yang telah disepakati.

"Penurunan itu karena penghapusan proyek bagian laba atas penyertaan laba bagi rekomendasi otoritas untuk kesehatan jasa keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR)," ungkapnya.

Selain itu, penghapusan juga dilakukan pada bagi hasil Rumah Potong Hewan (RPH) karena penataan manajemen. "Dan juga transformasi menuju Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Tunas (Tugu Aneka Usaha)," pungkas dia.

Baca Juga : Demi Keselamatan Sumber Mata Air dan Lingkungan, Pemkot Batu Gelontorkan Rp 30 Miliar Lewat Program Ini

Sementara PAD target pajak daerah dan retribusi daerah pada APBD 2019 mengalami kenaikan pada APBDP 2019. Yakni, target pajak daerah yang semula Rp 430 miliar menjadi Rp 501 miliar atau naik 16,55 persen. Untuk retribusi daerah yang semulai Rp 42 miliar dalam PAK menjadi Rp 45 miliar atau naik 5,18 persen.

Topik
MalangBerita MalangPendapatan Asli Daerah Kota Malang masih menjadi sorotanWali Kota Malang SutiajiRapat Paripurna DPRD Kota MalangRanperda tentang Perubahan APBD TA.2019Rumah Potong Hewan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru