Banyak Sampah, DLH Sebut Sungai di Kota Malang Masih Aman

Jul 30, 2019 13:09
Pembersihan sampah di sungai oleh beberapa petugas DLH Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Pembersihan sampah di sungai oleh beberapa petugas DLH Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peringatan Hari Sungai Sedunia menjadi bahan evaluasi bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang. Pasalnya, masih banyak sungai di Kota Malang yang berisi sampah. Ketika sampah-sampah tersebut dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin akan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Beragam cara untuk menanggulangi sampah-sampah ini juga telah dilakukan. Petugas DLH Kota Malang bahkan selalu rutin melakukan pembersihan di kawasan-kawasan sungai yang ada di Kota Malang.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Meski begitu, kawasan sungai-sungai tersebut belum masuk kategori pencemaran air yang berbahaya. Kualitas air sungai di Kota Malang masih masuk pencemaran kategori ringan.

"Sungai di Kota Malang masuk kategori ringan. Parameternya itu dari chemical oxygen demand (COD)," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi, Selasa (30/7).

Tapi, menurut dia, bukan berarti warga bisa seenaknya saja. Sungai tetap harus dijaga agar ke depan semakin baik dan tidak masuk kategori berbahaya. Artinya, bisa jadi sungai-sungai di Kota Malang menimbulkan pencemaran lingkungan ketika dibiarkan begitu saja dan penuh sampah.

"Ya kalau diterus-teruskan, ya nggak bagus. Tetap harus dicarikan solusinya supaya tidak tercemar," imbuhnya.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Diah menjelaskan, antisipasi pencegahan pencemaran lingkungan tersebut dengan mewujudkan aktivitas tidak membuang sampah sembarangan dan buang air besar di sungai.

"Kota Malang memang sudah tidak ada yang melakukan itu. Tapi kita kan tidak tahu yang dari luar karena sungai ini kan jalan alirannya dari hulu ke hilir. Bisa saja sampah-sampah yang masih dijumpai di sungai ini bukan berasal dari Kota Malang," pungkasnya.

Topik
MalangBerita MalangHari Sungai SeduniaPencemaran LingkunganDinas Lingkungan Hidup

Berita Lainnya

Berita

Terbaru