Segera Diverifikasi Tim Ahli Cagar Budaya, TPU Nasrani Sukun Bakal Jadi Kawasan Heritage

MALANGTIMES - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pemakaman Umum (PPU), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang, tengah bersiap menyambut Tim Pendataan dan Verifikasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nasrani Sukun sebagai salah satu cagar budaya di Kota Malang. Pendataan dan verifikasi tersebut bakal dilakukan oleh tim ahli cagar budaya.

Kepala UPT PPU, Takroni Akbar menjelaskan, jika pendataan dan verifikasi TPU Nasrani Sukun sebagai cagar budaya, akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Berkaitan dengan itu, pihaknya tengah bersiap-siap dengan melakukan pengumpulan data-data makam Belanda.

"Selain itu, nantinya juga ada persiapan Teknis lain, yakni dengan melakukan pembersihan makam-makam dan pengecatan makam-makam Belanda. Untuk pendataan dan verifikasi dari Tim ahli Cagar Budaya, akan dilakukan Sabtu (3/8/2019)," bebernya

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya untuk membenahi dan mempercantik kawasan TPU Nasrani Sukun. Rencananya, pihaknya bakal memberikan hiasan pada salah satu ruangan di Kantor TPU Nasrani Sukun dengan arsip-arsip kuno zamam Belanda.

"Akan kita pigora beberapa, kemudian kita letakkan di salah satu ruangan. Sehingga nantinya pengunjung yang datang ke sini bisa mengetahui arsip-arsip yang mengandung nilai sejarah," jelasnya

Dan dengan adanya pendataan dan verifikasi dari Tim Ahli Cagar Budaya, nantinya diharapkan TPU Nasrani Sukun bisa segera ditetapkan menjadi salah satu Cagar Budaya di Kota Malang. Sehingga bisa menarik pengunjung dan berpeluang menjadi salah satu lokasi wisata maupun edukasi sejarah di Kota Malang.

Sebelumnya, UPT PPU, juga sudah berkolaborasi bersama pihak luar penyedia jasa wisata untuk mengenalkan TPU Nasrani Sukun sebagai kawasan heritage kepada warga asing, utamanya Belanda. 

Top