Miliki Wisata Alam, Wali Kota Malang Ajak Masyarakat Lebih Mencintai Sungai

MALANGTIMES - Selain wisata belanja, kuliner dan kampung tematik, Kota Malang memang memiliki destinasi wisata alam. 

Destinasi yang dikenal sebagai Rolakku Indah itu pun sudah dikenal dan telah dibangun di wilayah irigasi milik Provinsi Jawa Timur yang berada dialiran Sungai Amprong. Sehingga orang-orang lebih mengenalnya sebagai Sungai Rolak.

Tempat yang dulunya merupakan penempatan urugan pasir katel itu pun sering dimanfaatkan masyarakat dan anak-anak sekitar untuk bermain. 

Lantaran arusnya yang cukup bersahabat dengan kondisi air yang selalu dibersihkan, warga sekitar pun berinisiatif menjadikannya sebagai salah satu destinasi baru.

Setelah mendapatkan persetujuan pengelolaannya dari Dinas Pengairan Provinsi Jatim, kawasan tersebut oleh warga RW 3 Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Malang disulap menjadi lokasi wisata. Wisatawan disuguhkan dengan wahana alam berupa permainan air.

Upaya menyulap kawasan Rolak sebagai destinasi wisata itu pun mendapat apresiasi dari Wali Kota Malang, Sutiaji. 

Pria berkacamata itu menyebut jika upaya menciptakan destinasi wisata baru itu sebagai sebuah kemajuan. 

Karena selain mampu mengubah paradigma masyarakat untuk lebih mencintai sungai dan alam sekitarnya, juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Ini sebuah kemajuan, karena akan membuat perputaran ekonomi masyarakat sekitar berkembang lebih baik lagi," terangnya usai menghadiri serangkaian acara Kelompok Sadar Wisata Rolakku Indah Kedungkandang, Minggu (28/7/2019).

Dengan pemanfaatan sungai Rolak sebagai destinasi wisata baru, diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga alam terus dilakukan.

Masyarakat diharapkan pula mampu menjaga kebersihan sungai dan tidak lagi menjadikan sampai sebagai tempat sampah abadi.

"Karena sungai menjadi bagian penting dalam kehidupan. Fungsi utama sungai harus dikembalikan dan jangan buat sungai kita kotor," bebernya.

Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan jika kawasan tersbut akan menjadi salah satu sumber air baku Kota Malang. 

Karena Pemerintah Kota Malang melalui PDAM Kota Malang sudah berencana manfaatkan air permukaan untuk kehidupan sehari-hari dan mengurangi ketergantungan pada air dalam tanah.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas menambahkan, rencana terkait pemanfaatan sumber air permukaan telah dalam kajian lebih lanjut. 

Karena ada beberapa aspek yang harus diperhatikan seperti aspek ekonomi hingga lingkungan.

"Kawasan Rolak sudah menjadi salah satu bagian dari water treatment planning yang merupakan salah satu program dari PDAM Kota Malang. Karena di sini terdapat bendungan air yang betul-betul didukung sedemikian rupa oleh warganya. Sehingga, ini merupakan hal positif untuk mendukung rencana ke depan," jelasnya.

 

Top