Pemprov Jatim Seriusi Bangun Kereta Gantung di Gunung Bromo

Jul 28, 2019 17:15
Ilustrasi pemandangan di Gunung Bromo (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pemandangan di Gunung Bromo (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan membangun 'Cable Car' atau kereta gantung di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kini semakin serius.

Usulan tersebut terbesit awal dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, lantaran dengan akses kereta gantung nantinya wisatawan dalam negeri maupun luar negeri akan mendapatkan kemudahan untuk menikmati sajian keindahan sunrise di kawasan wisata ini.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyatakan ide pembangunan kereta gantung tersebut muncul lantaran melihat keterbatasan akses di kawasan gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl itu.

"Kemarin (Sabtu, 27/7) saya baru dari Jazz Gunung. Jadi memang ini ide yang tentunya dilihat untuk keterbatasan akses. Tapi, tentu kita akan merancang suatu sistem yang paling baik," ujar dia saat menghadiri Konferensi Wilayah GP Ansor Jawa Timur di Ponpes Sabilurrosyad Kota Malang, Minggu (28/7).

Ia menjelaskan, ada beberapa konsep yang nantinya akan dimatangkan bersama dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Termasuk tahap kajian lingkungan, karena kereta gantung itu akan melintasi kawasan hutan.

"Saya merasakan betul perlu ada strategi - strategi baru. Semalam saya bersama Bapak Menteri Bapennas yang juga mengikuti Jazz Gunung, laporan ke Ibu (Khofifah), jadi ini salah satu atau beberapa opsi ini akan kita matangkan," imbuhnya.

Rencana tersebut, sejauh ini masih dalam tahap uji kelayakan. 

Yakni dengan pengguanaan pre-feasibility study, ada feasibility study. 

Sehingga tahap menuju kematangan konsep ini akan dilalui dengan melibatkan kegiatan alam. 

"Semua ide itu ditindaklanjuti dengan kajian kelayakan. Kalau masih pre-feasibility itu kita tidak terlalu detail. Kita lihat rona-rona lingkungannya, konsekuensi umumnya sebelum data-data primer kita ambil. Jadi tahapan ini yang harusnya dilalui untuk kegiatan apapun apalagi yang melibatkan alam," pungkas mantan Bupati Trenggalek itu.

Topik
MalangBerita MalangPemprov JatimBangun Kereta Gantung di Gunung BromoGunung Bromo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru