Setelah Panderman, Kali Ini Giliran Hutan Gunung Arjuna Terbakar

Jul 28, 2019 16:27
Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuna, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (28/7/2019). (Foto: istimewa)
Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuna, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (28/7/2019). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Setelah dua rumah dan Gunung Panderman Kota Batu terbakar, kini giliran Gunung Arjuna, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, ikut-ikutan terbakar,  Minggu (28/7/2019). 

Baca Juga : Selamat !! Satu Pasien Positif Corona di Lumajang Dinyatakan Sembuh

Adanya Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Arjuna ini diketahui setelah adanya laporan dari Pemangku wilayah Taman Hutan Raya (TAHURA). 

“Kronologis kejadian sampai dengan saat ini masih dalam proses kaji cepat oleh BPBD Kota Batu dan TAHURA,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, saat ini tim 1 dari Jaguar Sumber Gondo sebanyak 12 orang bersama tim 2 dari TAHURA, beserta Porter Sumber Brantas terdiri dari 5 orang sedang menuju titik api untuk melakukan penanganan kebakaran.

“Saat ini tim yang memadamkan ini sedang dalam tahapan persiapan dan segera menuju ke titik lokasi yang cukup jauh,” imbuhnya.

Rencananya, pemadaman ini akan dilakukan dengan cara manual layaknya saat berada di Gunung Panderman beberapa saat yang lalu.

Yakni dengan membuat sekat lahan agar kebakaran tidak merambah. 

Kebakaran ini bisa saja terjadi lantaran  musim kemarau ini disertai angin yang kencang.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Sehingga saat angin itu terjadi di area hutan, membuat gesekan antar ranting.

“Dan akhirnya timbul percikan api yang merambat ke pohon lainnya. Melihat hawa musim kemarau yang membuat hutan dan lahan kering,” imbuhnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BatuBerita BatuHutan Gunung Arjuna TerbakarGunung Arjuna terbakarGunung Pandermankebakaran batuBPBD Kota BatuGunung Arjuna

Berita Lainnya

Berita

Terbaru