Nikmatnya Berwisata di Desa Tulungrejo, Kandidat Anugerah Wisata Jawa Timur 2019

Jul 27, 2019 19:40
Salah satu varietas apel di lahan pertani apel Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES).
Salah satu varietas apel di lahan pertani apel Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES).

Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji juga merupakan wisata unggulan di Kota Batu. Kaya akan wisata alamnya, wisatawan dapameneukan keasyikan saat berkeliling di desa wisata denga hawa yang sejuk berkisar antara 15-19 derajat. Suhu itu bisa dirasakan karena berada dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lalu apa saja yang menjadi unggulan Desa Tulungrejo? 

Kepala Desa Tulungrejo Suliyono menjelaskan maskot Desa Tulungrejo itu adalah Taman Rekreasi Selecta yang legendaris. Yang sudah ada sejak zaman Belanda. “Kalau yang menjadi maskot di sini itu tentunya Selecta, karena sudah dikenal di mana-mana,” kata Suliyono.

Setelah Selecta, produk unggulan lainnya adalah petik apel. Ya bagi kalian yang ingin petik apel langsung di kebunnya langsung saja datang ke desa ini. “Di Desa Tulungrejo ini khusus untuk tanaman apel ini ada 900 hektare. Dan memang di desa inilah yang banyak kebun apelnya, meskipun sudah mulai terkikis,” imbuhnya kepada MalangTIMES.com.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Lalu ada juga Coban Talun, di sana kalian tidak hanya menjumpai air tetjun, tapi juga beragam spot swafoto yang unik. Seperti penginapan Pagupon, Apache, taman bunga, juga ada beragam fasilitas untuk memanjakan wisata. “Di area yang sama kami juga punya wisata edukasi. Wisata edukasi di sini adalah peternakan sapi,” jelas Suliyono. 

Kemudian ada juga Pura Luhur Giri Arjuno. Tempat ini berada di area hamparan perkebunan apel dimbah pemandangan Kota Batu beserta Gunung Panderman dan Arjuna. Pura ini banyak menjadi jujukan wisatawan Bali dan berbagai daerah. 

Kemudian di desa ini juga menawarkan adventure jeep off road yang menawarkan pemandangan yang indah. Seperti di coban talun, petik bunga dan kaki langit. “Kami juga memiliki wisata edukasi olahan jamur, keripik buah, dan sebagainya yang sudah dikirim ke luar daerah,” jelasnya. 

Karena itulah, Desa Wisata Tulungrejo merupakan salah satu daya tarik wisata di Kota Batu yang diikutsertakan dalam ajang Anugerah Wisata Jawa Timur 2019.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Terpisah pelaksana tugas (plt) kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan, beragam potensi mampu disuguhkan oleh masyarakat Desa Tulungrjeo. Sehingga mampu menjadi daya saing tempat wisata di daerah lainnya.

“Karena memang pemberdayaan masyarakatnya di sana kuat. Lalu potensi wisatanya benar-benar diangkat “ ujar Imam.

Apalagi di sana juga terdapat paket wisata. Membuat wisatawan bisa melakukan perjalanan wisata lebih dari satu hari. “Paket wisata ini yang bisa membuat wisatawan di sana lebih dari satu hari. Dengan demikian perekonomian di sana bisa naik,” ujarnya.

Topik
Batu Berita Batu Dinas Pariwisata Kota Batu Anugerah Wisata Jawa Timur 2019

Berita Lainnya

Berita

Terbaru