Wali Kota Malang Sutiaji bersama Ketua HIPMI Malang Djoko Prihatin saat sesi pemberian cinderamata. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji bersama Ketua HIPMI Malang Djoko Prihatin saat sesi pemberian cinderamata. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menekankan pentingnya pengusaha-pengusaha muda untuk lebih memperbesar kontribusi di daerah. Dia menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang siap memberi ruang untuk anggota-anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Malang untuk ambil bagian dalam pelaksanaan program-program pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Sutiaji saat memberi sambutan dalam kegiatan pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Hipmi Malang periode 2019-2022, hari ini (27/7/2019) di Harris Hotel and Convention, Kota Malang. Menurut Sutiaji, keberadaan para pengusaha muda di Malang itu bisa menguatkan perekonomian di Kota Malang. 

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Sutiaji menilai, keberadaan HIPMI Malang bisa menjawab persoalan kekinian. "Anak-anak muda ini harus mengusung paradigma baru, bukan lagi kompetisi tapi kolaborasi. Kami dari pihak pemerintah siap memberi ruang. Misalnya untuk proyek-proyek konstruksi, kontraktor-kontraktor muda ini jangan ragu untuk bersaing. Kalau ada program yang bisa disinergikan, ayo jalan bersama," ujarnya.

Di hadapan sekitar 172 pengusaha muda, Sutiaji juga membeberkan sejumlah persoalan yang tengah dihadapi Kota Malang. Misalnya terkait angka gini ratio atau kesenjangan perekonomian yang masih di atas angka nasional. "Gini ratio Kota Malang saat ini angkanya 0,42 dan lebih tinggi dari target Presiden Joko Widodo yang maksimal 0,38. Artinya, kesenjangan ekonomi masih lebar meski pertumbuhan ekonominya tertinggi kedua setelah Surabaya. HIPMI ini kami harap bisa menciptakan lapangan pekerjaan," tuturnya. 

Pria yang akrab disapa Pak Aji itu menambahkan, periode ketiga HIPMI Malang ini diharapkan sudah bisa langsung tancap gas. "Saya kira ini sudah melalui proses panjang, sudah saatnya berkarya. Mudah-mudahan, pengurus baru bisa dan mampu mengemban amanah dengan dirigennya Djoko Prihatin (Richdjoe) ini," katanya.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Sutiaji menekankan bahwa anak-anak muda lah yang saat ini mampu menjawab tantangan zaman. "Tunjukkan eksistensi HIPMI. Saya banyak berharap anak-anak muda yang akan jadi kekuatan bangsa. Saya tegaskan, HIPMI Kota Malang tidak sendiri, mari bersama-sama pemerintah mengembangkan Kota Malang," pungkasnya.