Wali Kota Malang Sutiaji (kenakan baju kheki) saat hadir dalam diskusi yang digelar Malamg Coruption Watch di UMM (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Wali Kota Malang Sutiaji (kenakan baju kheki) saat hadir dalam diskusi yang digelar Malamg Coruption Watch di UMM (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).



MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutaiji sebut masih ada bawahannya yang 'bermain api'. Hal itu ia sampaikan saat usai menghadiri diskusi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan topik Wis Wayahe Malang Raya Berbenah yang digelar Malang Corruption Watch, Selasa (23/7/2019).

Pria berkacamata itu menyampaikan, informasi tersebut dia dapat dari laporan bidang Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK. Dia pun menilai, praktik permainan itu harus segera dituntaskan hingga ke akar alias dikunci. 

Karena pemberantasan korupsi dia sebut tidak bisa dilakukan oleh pimpinan saja. Melainkan harus sampai pada tingkatan paling bawah, dan melibatkan seluruh unsur masyarakat.

"Saya sudah kenceng, tapi bawahan saya. Jadi peran masyarakat untuk mengawasi juga sangat penting," katanya.

Namun dia tidak menyebutkan secara detail bawahannya yang disebut bermain api tersebut. Politisi Demokrat itu hanya menyampaikan peran serta masyarakat untuk memberantas korupsi harus terus ditingkatkan. Dia juga menegaskan jika peran masyarakat dalam memberantas praktik korupsi sangat penting.

"Karena ketika satu orang saja yang kena, maka Pemerintah Kota Malang secara keseluruhan pasti kena. Itu sebabnya harus dikunci semuanya," terang politisi Demokrat itu.

Sementara itu, Aktivis MCW Nursasi Atha menjelaskan, sektor yang paling rawan terjadinya korupsi di kawasan Malang Raya adalah pada sektor pengadaan barang dan jasa, tindakan jual beli jabatan serta anggaran publik. Bahkan, ditangkapnya tiga kepala daerah di Malang Raya juga berkaitan dengan tiga sektor tersebut.

"Dan setidaknya ada 13 kepala daerah di Jawa Timur yang masuk dalam daftar gelap karena melakukan korupsi sejak 2014 hingga 2019," terang dia.

 

End of content

No more pages to load