Ada Usul PKL Masuk Pasar Rakyat, Begini Respons Disdag Kota Malang

Jul 23, 2019 13:35
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malamg Wahyu Setianto (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malamg Wahyu Setianto (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Satpol PP Kota Malang belum lama ini menyampaikan rencana kolaborasi dengan Dinas Perdagangan (Disdag) untuk memasukkan pedagang kaki lima (PKL) ke dalam pasar rakyat. Hal itu dinilai ampuh untuk memberi wadah PKL agar tidak lagi berjualan di pinggir jalan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto menyampaikan, PKL memang menjadi salah satu perhatian Disdag. Terutama PKL binaan yang berada di lingkup dan jangkauan pasar rakyat. Ketika dilakukan revitalisasi pasar, maka PKL akan mendapat tempat atau bedak di dalam pasar untuk berjualan.

Baca Juga : Bupati dan Plt Wali Kota Blitar Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19

"Setiap revitalisasi, pasti ada penambahan lapak untuk PKL agar masuk ke dalam. Tapi dengan catatan harus PKL yang sudah lama," katanya kepada wartawan saat ditemui di gedung DPRD Kota Malang, Selasa (23/7/2019).

Menurut Wahyu, memasukkan PKL ke dalam pasar rakyat lantaran selama ini banyak keluhan dari pedagang. Sebab, keberadaan PKL di pinggir jalan dinilai banyak menarik perhatian calon pembeli ketimbang harus masuk ke dalam pasar rakyat itu sendiri.

"Setelah dimasukkan ke dalam pasar,  mereka harus mematuhi setiap aturan yang dibuat Disdag," ucapnya.

Meski begitu, Disdag masih belum bisa memastikan dapat memasukkan PKL yang jangkauannya jauh dari pasar rakyat. Pasalnya, selama ini, hanya PKL di lingkup pasar saja yang akan disediakan lapak. Hal itu sudah sering dilakukan di beberapa pasar yang sudah selesai direlokasi.

Baca Juga : Bantuan Uang Non Tunai Kota Batu Jadi Rp 1 Juta, Cover 30 Ribu KK

"Selama ini PKL di kawasan pasar akan ditarik retribusi karena memang mereka menggunakan aset Pemerintah Kota Malang. PKL tidak memiliki buku berdagang, tapi tetap dipungut sebagaimana aturan yang ada," ungkapnya lagi.

 

Topik
Malang Berita Malang PKL Masuk Pasar Rakyat Satpol PP Kota Malang dinas perdagangan kota malang Wahyu Setianto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru