Jokowi saat minum jamu dengan gelas luriknya di Istana Bogor.
Jokowi saat minum jamu dengan gelas luriknya di Istana Bogor.

MALANGTIMES - Menjadi seorang presiden tentunya memiliki segudang tugas yang berat. Karena itu, butuh kebugaran yang prima dalam melaksanakan tugas sebagai presiden.

Untuk menunjang dan menjaga kesehatan badan, perlu diberi vitamin atau menjalani olahraga. Lalu, bagaimana dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Ternyata di balik kesehatannya itu, pria yang akrab disapa Jokowi tersebut memiliki resep tertentu. Bukan obat atau suplemen yang berbahan kimia, namun Jokowi mengandalkan jamu agar bugar sepanjang hari.

Hal ini dibagikannya dalam sebuah video yang diunggah di media sosialnya. Di video itu, Jokowi membeberkan resep menjaga kesehatan.

Sebelum melakukan aktivitasnya yang dimulai sejak pagi hari, Jokowi selalu meminum jamu racikan rumahan. “Biasanya kalau saya sebelum aktivitas, minum jamu. Jamu itu racikannya terdiri dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit,” ungkap Jokowi.

Unggahan video pada Selasa (23/7/2019) itu dijelaskan secara rinci cara pembuatannya. Bahan temulawak, jahe, dan kunyit  ditumbuk atau dirajang. 

“Lalu dicampur dan diseduh dengan air panas. Larutan tersebut kemudian disaring dan diminum,” imbuhnya. “Saya sudah minum mungkin 17-18 tahun yang lalu," kata Jokowi.

Dengan jamu itu secara rutin, Jokowi merasakan manfaat yang luar biasa. “Saya rasakan memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh,” katanya.  

“Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri,” tutup Jokowi lalu tertawa.