Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya

Sneakers Terbuat dari Ampas Kopi, seperti Apa?

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Jul - 2019, 07:19

Rens, sepatu berbahan ampas kopi.(Foto: Istimewa)
Rens, sepatu berbahan ampas kopi.(Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Menjamurnya coffee shop atau kopi kekinian  tak hanya menghasilkan keuntungan bagi produsennya. Di sisi lain, timbul limbah yang berasal dari kopi.

Ampas kopi, sisa kopi, maupun bubuk kopi kerap berakhir di pembuangan sampah atau dibuang ke bak cuci dengan air mengalir yang menimbulkan permasalahan limbah makanan. Jika tidak diatasi dengan baik, maka limbah kopi akan turut menjadi bagian dari pencemaran lingkungan.

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Lantas, bagaimana jika ampas kopi atau sisa kopi tersebut dibuat sebagai penunjang fashion?Dilansir dari berbagai sumber, bermula dari kepedulian lingkungan akan limbah kopi, pengusaha sneakerhead Son Chu dan Jesse Tran di Helsinki membuat inovasi sepatu berjenis sneakers dengan memanfaatkan limbah bekas kopi.

Bentuknya tentu sangat mirip dengan sneakers masa kini yang lagi tren di kalangan milenial. Jika dilihat, malah tidak terlihat ada tanda-tanda limbah kopi dari sepatu tersebut.

Bisnis produk ramah lingkungan ini diberi nama 'Rens'. Son dan Jesse menggabungkan kain yang terbuat dari ampas kopi dengan limbah plastik daur ulang untuk menghasilkan bahan yang ringan dan cukup tahan lama. Kemudian, bahan ini digunakan sebagai alas kaki.

Untuk sepasang sepatu sneakers tersebut, Son dan Jesse menggunakan setidaknya 460 gram kopi. Ini setara dengan enam buah botol plastik bekas yang juga digunakan di masing-masing sepatu tersebut.

Tak hanya untuk mewujudkan misi penyelamatan lingkungan, 'Rens' dirancang untuk segala kondisi cuaca lho! Jadi, ketika musim hujan tiba, tak perlu khawatir akan rusak ya. Selain itu, bahan baku sisa kopi tersebut memiliki kemampuan menghilangkan bau pada sepatu.

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

'Rens' juga telah dilengkapi dengan perlindungan UV (ultraviolet) bawaan, yang berguna untuk memastikan warna dari sepatu ini agar tidak pudar. Kalau dipakai di tengah panas terik matahari yang menyengat, sepatu ampas kopi itu tidak bikin khawatir.

Tertarik memilikinya? Sneakers yang satu ini terdiri dari dua jenis karakter. Yakni, classic yang berwarna hitam, putih, dan stealth black serta Rebels dengan pilihan warna yang lebih banyak seperti hitam, putih, merah, pink biru, dan krem.


Topik

Gaya Sepatu-dari-ampas-kopi 'Rens'.-Son-dan-Jesse sepatu-ramah-lingkungan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni