Salah satu warga dusun Lebaksari yang menjalani pemeriksaan kesehatan. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Salah satu warga dusun Lebaksari yang menjalani pemeriksaan kesehatan. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Beragam jenis penyakit diderita warga pelosok di Dusun Lebaksari, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Berdasarkan pemeriksaan tim kesehatan dalam bakti sosial Baitul Maal Hidayatullah, MalangTIMES, dan Yayasan Baitul Maal PLN UP 3 Malang, Sabtu (20/7/2019), terdapat empat jenis. Antara lain, terjangkit penyakit linu, asamurat, kolesterol, hingga jantung.

Untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut yang harus diperhatikan adalah pola makan. Dalam kasus di Lebaksari, sebaiknya masyarakat mengurangi konsumsi santan.

"Mengatasi asamurat dan kolesterol itu pola makan saja. Orang sini kan biasanya kalau makan itu banyak mengandung santen. Satu kelapa itu dibuat untuk satu hari saja rata-rata. Kalau ndak makan santen kayak nggak enak," beber Eva Lestiatul, selaku Bidan Desa Lebakharjo.

Makanan masyarakat Lebaksari biasanya harus ada santan dan kental. Padahal, itu tidak baik untuk kesehatan dan memicu penyakit-penyakit seperti asamurat dan kolesterol.

Kepada para warga, Eva mengimbau agar masyarakat menjaga pola makan. Di samping itu juga cek kesehatan rutin minimal satu kali dalam satu bulan. "Mendeteksi tekanan darahnya, kolesterol, asa murat, dan cek gula darah itu setiap satu bulan sekali," pungkasnya.

Bakti sosial pelayanan kesehatan itu, diikuti oleh 140 orang. Mereka mendapat layanan kesehatan gratis. Mereka terdiri atas masyarakat yang memang sering kontrol ke rumah sakit dan para lansia.

Pengobatan gratis dalam bakti sosial tersebut didukung oleh Puskesmas Ampelgading dan Klinik Hidayatullah. "Kalau pemeriksaan kesehatan, kalau memang TBC melalui dahak kita rujuk ke puskesmas. Untuk mata, discreening untuk dilihat katarak atau tidak. Kalau memang katarak mungkin kita rujuk ke puskesmas atau rumah sakit," ujar Eva.

Dalam bakti sosial tersebut, sebanyak 300 warga Dusun Lebaksari Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang mendapat layanan kesehatan gratis, menerima pembagian paket sembako, pembagian mukena dan sarung, serta pembagian pakaian pantas pakai. Paket bantuan itu dari Baitul Maal Hidayatullah, MalangTIMES, dan Yayasan Baitul Maal PLN UP 3 Malang.