Hafi Lutfi Kepala Dishub Kabupaten Malang saat menghadiri peningkatan kapasitas personel dalam menindaklanjuti visi Indonesia Jokowi (Dishub for MalangTIMES)
Hafi Lutfi Kepala Dishub Kabupaten Malang saat menghadiri peningkatan kapasitas personel dalam menindaklanjuti visi Indonesia Jokowi (Dishub for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi harga mati bagi instansi pemerintahan. Hal ini bahkan menjadi salah satu visi Indonesia dalam lima tahun ke depan yang disampaikan oleh Joko Widodo (Jokowi).

Visi Indonesia ke depan inilah yang menjadi dasar bagi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang, kembali melakukan langkah pembinaan dalam upaya peningkatan kapasitas personelnya. Baik terkait pemahaman hukum, kedisiplinan, penguasaan teknologi informasi sampai pada penguatan kekompakan dalam menjalankan tugasnya.

Hafi Lutfi Kepala Dishub Kabupaten Malang menyampaikan, bahwa pihaknya memang terus berupaya meningkatkan kapasitas seluruh personelnya secara merata dalam menghadapi berbagai tantangan dan kebutuhan masyarakat yang semakin komplek. Selain itu, peningkatan kapasitas yang digelarnya Rabu (17/07/2019) kemarin, juga didasarkan adanya evaluasi internal terkait kapasitas personel yang masih kurang dalam memahami visi organisasi.

"Masih ada sekitar 40 persen personel yang memang kurang dalam memahami visi organisasi. Sehingga tentunya dengan kondisi itu kapasitas personel harus terus ditingkatkan," kata mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang di ruang kerjanya, Kamis (18/07/2019).

Salah satu materi peningkatan kapasitas personil Dishub Kabupaten Malang oleh pihak Polres Malang (for MalangTIMES)

Visi organisasi menjadi dasar bagi seluruh personel menjalankan tupoksinya. Sehingga tanpa memahami secara utuh, harapan besar masyarakat dan tujuan pemerintah kabupaten Malang tidak bisa berjalan maksimal.

Kondisi inilah yang membuat Dishub Kabupaten Malang, kembali memberikan penguatan terkait berbagai keterampilan kepada 50 personel dari seluruh UPT yang dimilikinya. Dimana, berbagai keterampilan tersebut menjadi dasar kuat untuk memahami visi organisasi sekaligus menindaklanjuti visi Indonesia lima tahun ke depan.

Lutfi menjelaskan, seluruh personel dibekali pemahaman hukum melalui narasumber dari Kejaksaan Negeri Malang. Kedisiplinan oleh Badan Kepegawaian Daerah serta penguasaan IT dari narasumber Dinas Komunikasi dan Informasi. Serta juga narasumber dari pihak Polres Malang terkait lalu lintas.
 

"Melalui penguatan itu, kita berharap seluruh personil Dishub semakin profesional, efektif dan efisien dalam melaksanakan tugasnya. Baik di bidang, kesekretariatan sampai staf. Goalnya adalah seluruh lini memahami visi organisasi dan saling mengisi secara utuh," ujarnya.

Penguatan pemahaman visi organisasi bagi Lutfi menjadi harga mati yang harus dikuasai seluruh lini. Pasalnya, visi organisasi merupakan kunci dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Dimana, lanjut Lutfi, ada tiga hal untuk mewujudkannya.

Pertama, terwujudnya pemerintahan yang bersih, akuntabel dan berkinerja tinggi. Untuk mewujudkan hal ini tentunya penguasaan hukum diikuti dengan disiplin tinggi menjadi bagian yang wajib dikuasai oleh seluruh personel Dishub Kabupaten Malang. Kedua, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yg baik dan berkualitas.

"Semua itu berangkat dari penguasaan keterampilan serta pemahaman dari visi organisasi. Insya Allah di tahun ini, seluruh personil Dishub sudah bisa menguasai berbagai keterampilan dalam menguatkan visi organisasi," ucap Lutfi yang juga menegaskan bahwa seluruh personel memiliki antusias tinggi dalam menyerap berbagai materi peningkatan kapasitas tersebut.
"Para narasumber pun memberikan penilaian yang baik atas respon dan antusias personel Dishub dalam pelatihan tersebut," pungkas Lutfi.