MALANGTIMES - Malang City Expo (MCE) 2019 menyuguhkan beragam produk UMKM (usaha mikro kecil menengah) unggulan Kota Malang. Mulai produk fashion hingga kuliner. Pameran itu menyapa warga Kota Malang sejak Rabu (17/7) hingga Sabtu (20/7) mendatang.

Wali Kota Malang Sutiaji secara khusus membuka resmi gelaran tahunan yang berada di halaman luar Stadion Gajayana tersebut hari ini (Kamis, 18/7). Menurut dia, produk-produk kreatif Kota Malang akan siap bersaing dengan dunia.

"Kota Malang sudah menyongsong revolusi industri 4.0. Harapan kami ini bisa menjawab ketertinggalan ekonomi mikro dan makro. Di sini produk UMKM yang ada sudah mampu bersaing di era global," ujar dia.

Wali Kota Malang Sutiaji (berkopyah) saat membuka resmi gelaran Malang City Expo 2019


Apalagi, dalam gelaran yang bertajuk 'Malang Kota Kreatif Menuju Revolusi Industri 4.0' itu, ada enam rangkaian  kegiatan yang dihadirkan. Yakni, pameran industri dan perdagangan, ekonomi kreatif, UMKM, koperasi, pariwisata, dan kewirausahaan.

Pria yang akrab disapa Aji ini menambahkan, kegiatan MCE tersebut mampu menangkal pasar dari luar yang masuk menuju Indonesia. Pemkot akan lebih menguatkan lagi produk-produk komoditas untuk bersaing di ekonomi global.

"Jadi, ketahanan kebutuhan kita ini harus kita kuatkan. Beberapa produk yang mampu bersaing dengan produk-produk impor inilah yang harus lebih ditingkatkan. Sehingga tidak ada kegandrungan dari masyarakat kita untuk ekspor," imbuh dia.

 

Sebanyak 120 stan yang mengisi MCE tahun ini. Yaitu dari kementerian sebanyak 12, kemudian kota/kabupaten se-Jawa Timur ada 20, 3 dari Provinsi DKI Jakarta, Papua, dan Banten. Kemudian BUMN dan BUMD. Pemkot menargetkan akan mencapai omzet senilai Rp 3 miliar dalam gelaran tersebut.

Sementara itu, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Victoria Simanungkalit mengapresiasi kegiatan MCE kali ini. Menurut dia, ajang ini bisa menjadi salah satu media promosi untuk mengangkat citra produk unggulan UKM suatu daerah. 

"Kami mendorong industri berbasis kreatif. Semua diharapkan mampu membuat produk - produk perekonomian kreatif tersebut. Dan, pameran-pameran seperti di Kota Malang ini sangat kami apresiasi," ungkapnya.
 

Wali Kota Malang Sutiaji (paling kanan) saat berkeliling ke area stan dalam gelaran Malang City Expo 2019


Ia juga mengharapkan nantinya ajang pameran yang dilakukan Kota Malang bisa seterusnya digelar dengan waktu yang sama, sehingga bisa menggaet buyer lebih banyak untuk meningkatkan pendapatan nasional.

"Ini memang perlu kita dorong untuk event tahunan dan ditetapkan tanggal pelaksanaannya. Dan kita harapkan buyer ke depan bisa menggandengkannya dengan event-event di negara ASEAN," tandasnya.

Dalam ajang  MCE 2019 kali ini, juga akan ditampilkan festival kuliner tradisional dan milenial, fun game & doorprize, pagelaran seni dan budaya. Kemudian business meeting buyer dan reseller nasional dan internasional, kontes kopi dan barista Malang, Ngalam fun cooking competition & hotel chef demo, lomba mewarnai 1.000 anak, dan masih banyak lainnya.