Pembuang Sampah di Sungai Bakal Kena Denda Jutaan

Jul 18, 2019 07:29
Foto Istimewa
Foto Istimewa

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak main-main memerangi masalah sampah dibuang sembarangan ke sungai. Geram terhadap kebiasaan buruk itu, DLH) mulai merevisi besaran denda. Jika dulu denda yang diberikan Rp 100 ribu, maka saat ini menjadi Rp 2,5 juta.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menyampaikan, besaran denda itu saat ini masih diusulkan dalam rancangan peraturan daerah (ranperda) yang masih digodok. Perda yang dimaksud untuk direvisi adalah Perda Nomor 10 Tahun 2010.

"Ini untuk memberi efek jera bagi yang suka membuang sampah sembarangan, terlebih di sungai," tandasnya kepada wartawan.

Diah menegaskan, kebiasaan membuang sampah sembarangan di sungai merupakan kebiasaan buruk yang harus segera ditinggal. Sebab, selain dapat menyebabkan air sungai tercemar, kotor, tidak sedap dipandang, sampah juga bisa membuat aliran air terhambat. Salah satu dampaknya adalah bencana banjir.

Dia pun mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesadarannya untuk mencintai sungai dan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, dari hasil kerja petugas saat melakukan normalisasi di saluran air dan sungai, selama ini selalu ditemukan sampah di hampir semua titik.

"Jika ini terus menjadi kebiasaan, akan sangat buruk. Bagaimana nanti kondisi sungai kita," ucap Diah.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Perempuan berhijab itu juga menyampaikan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan. Harapannya, tidak ada lagi masyarakat yang membuang dampah sembarangan lagi. Secara berangsur, ditargetkan kebiasaan membuang sampah di sungai hilang dan membuat sungai kembali pada fungsinya.

"Keberadaan kader dan komunitas penuli lingkungan juga untuk menularkan cinta kepada sungai," pungkas Diah.

 

Topik
MalangBerita MalangPemerintah Kota Malang melalui Dinas Lingkungan HidupPembuang Sampah di Sungai
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru