Ketua MMI Hengki Herwanto (tiga dari kiri) saat menerima piala Anugerah Mitra Perpusnas 2019 di Jakarta. (Foto: MMI for MalangTIMES)
Ketua MMI Hengki Herwanto (tiga dari kiri) saat menerima piala Anugerah Mitra Perpusnas 2019 di Jakarta. (Foto: MMI for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pengakuan secara nasional kembali diterima Museum Musik Indonesia (MMI) yang berlokasi di Kota Malang. Terbaru, MMI mendapatkan Anugerah Mitra Perpustakaan Nasional (Perpusnas) 2019 di Auditorium Soekarman Perpusnas RI di Jakarta, hari ini (17/7/2019). 

Ketua MMI Hengki Herwanto mengungkapkan, penghargaan tersebut diberikan oleh Perpusnas sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat  yang aktif dan konsisten melakukan dokumentasi, pengumpulan, hingga perawatan karya-karya anak bangsa. "MMI dinilai turut aktif dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam," sebutnya. 

Selain menerima piala penghargaan, Hengki juga datang sebagai salah satu narasumber dalam talkshow dengan tema Menggali Kearifan Budaya Nusantara. "Ada materi yang relevan dengan MMI yakni musik sebagai media menggali kearifan budaya dan kiprah MMI dalam upaya menghimpun karya anak bangsa," tuturnya.

Hengki menyebut, penghargaan tahunan itu diberikan kepada masyarakat  yang telah melakukan revitalisasi atau menghidupkan kembali kesenian yang hampir punah atau sudah punah. "Pertama-tama tentu sangat bersyukur, harapannya penghargaan ini nanti tentu menjadi pendorong dan penambah semangat teman-teman MMI untuk permusikan di Indonesia," pungkasnya. 

Untuk diketahui, saat ini MMI yang berlokasi di Gedung Kesenian Gajayana Kota Malang memiliki sebanyak 26.109 koleksi. Terbanyak yakni kaset musik yang berjumlah lebih dari 15 ribu keping, sekitar 2.650 piringan hitam, ratusan alat musik serta memorabilia pemusik tanah air.