Hutan Kota Indragiri yang usai dilakukan penambahan fasilitas langsung dimanfaatkan warga (Bidang Pertamanan)
Hutan Kota Indragiri yang usai dilakukan penambahan fasilitas langsung dimanfaatkan warga (Bidang Pertamanan)

MALANGTIMES - Hutan Kota Indragiri yang ada di Jalan Taman Indragiri, Kecamatan Blimbing, Kota Malang ini, cocok bagi para lansia yang ingin menghabiskan waktu, berisitirahat ataupun melakukan aktivitas kebugaran dengan olahraga.

Pasalnya, hutan kota tersebut saat ini telah selesai ditata sedemikian rupa oleh Bidang Pertamanan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang dengan mengutamakan kenyamanan para lansia.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Ir Kuncahyani menjelaskan, jika memang saat ini, penataan Hutan Kota Indragiri yang dikonsep ramah terhadap lansia, telah selesai dikerjakan.

Sehingga, masyarakat sekitar Hutan Kota Indragiri, yang kebanyakan juga adalah seorang pensiunan berusia lanjut, bisa memanfaatkan Hutan Kota Indragiri untuk beraktivitas, baik itu bersantai, refreshing, olahraga maupun kegiatan lainnya.

"Sudah selesai dikerjakan, dengan tambahan beberapa fasilitas. Ada jogging track, kursi-kursi panjang, lampu foot therapy, kursi meja dan catur, besi pengaman untuk kursi roda, maupun penambahan tanaman-tanaman yang semakin menyejukkan Hutan Kota Indragiri," bebernya.

Dalam pengerjaannya, dijelaskan lebih lanjut, jika pembiayaan berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Besaran dananya sebesar Rp 187.790.000.

"Waktu pengerjaannya sekitar dua bulan, mulai tanggal 16 Mei 2019, hingga 14 Juli 2019," jelasnya melalui WhatsApp (16/7/2019).

Dengan adanya fasilitas yang memanjakan para lansia tersebut, pihaknya berharap, mereka yang datang ke Hutan Kota Indragiri, bisa mendapatkan manfaat yang positif bagi jasmani maupun rohani usai berkunjung di Hutan Kota Indragiri.

Sementara itu, salah satu warga sekitar yang berkunjung ke lokasi Hutan Kota Indragiri, Sri Suhartini (35), mengaku jika dengan adanya fasilitas tambahan tersebut, tentu akan membuat Hutan Kota Indragiri dikunjungi masyarakat.

"Ada fasilitas jogging tracknya, terus fasilitas foot therapynya itu kan banyak disukai orang-orang tua, memang sangat memanjakan kaum lansia ini," pungkasnya.