Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

MALANGTIMES - Seleksi empat posisi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Malang sudah dibuka. Empat posisi itu adalah kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang), kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah, dan terakhir kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, seleksi tersebut dibuka sejak Senin (15/7/2019) kemarin hingga 29 Juli 2019 mendatang. Aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Malang maupun pemerintahan di lingkup Provinsi Jawa Timur dapat mengikuti seleksi tersebut. Tentunya dengan memenuhi setiap persyaratan yang dibuat.

"Seleksi terbuka. Silakan mendaftar bagi yang merasa dapat memenuhi kualifikasi," kata Sutiaji.

Mantan wakil wali kota Malang ini menjelaskan, beberapa persyaratan administratif yang harus dipenuhi di antaranya berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di Pemerintah Provinsi Jawa Timur atau pemerintah kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Jawa Timur.

Calon juga harus memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah diploma IV (D IV) atau strata 1 (S1), memiliki pangkat atau golongan ruang paling rendah pembina (4a). Juga pernah atau sedang menduduki paling singkat dua tahun dalam jabatan administrator (eselon 3a) atau jabatan fungsional jenjang ahli madya dan pernah atau sedang menduduki paling singkat 3 tahun dalam jabatan administrator (eselon 3b).

Syarat lainnya, telah mengikuti dan lulus diklat kepemimpinan tingkat tiga atau yang setara, berusia setinggi-tingginya 56 tahun pada tanggal 1 Oktober 2019, mendapat rekomendasi dari pejabat pembina kepegawaian instansinya, serta ada  beberapa syarat administrasi lainnya.

"Ada jadwal mulai pendaftaran sampai tahapan lainnya. Sudah dibentuk tim panitia seleksi (pansel)," jelas Sutiaji.

Dalam surat pengumuman sebelumnya, juga dijelaskan bahwa pada  7 Agustus akan diumumkan hasil seleksi administrasi. Kemudian tahap penilaian kompetensi manajerial dan rekam jejak dimulai 8 hingga 9 Agustus.  Tahapan lainnya hingga penyampaian hasil seleksi akhir pada 4 September 2019 mendatang.